Tips Mudah Ajari Anak Berpuasa

Ibadah puasa perlu dikenalkan kepada anak sejak masih balita. Namun, hal ini tentu saja diperlukan ketelatenan dan kesabaran saat menanamkan ritual berpuasa ini pada anak. 

Pendekatan secara individual, sesuai dengan tahap perkembangan anak, persuasif serta dengan strategi yang benar sangat diperlukan untuk melatih anak berpuasa. 

Berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memperkenalkan dan melatih anak berpuasa, seperti yang dikutip dari Tabloid Nakita: 

1. Ceritakan mengenai manfaat berpuasa sesuai dengan tingkat pemahaman anak. 

2. Agar bisa bangun sahur, usahakan anak tidak tidur terlalu larut. Sebelum tidur, anak diberitahu bahwa dirinya akan dibangunkan saat dini hari untuk makan sahur. Ketika akan sahur, bangunkan anak dengan sabar agar anak tidak terpaksa dan tidak malas sahur. 

3. Sajikan makanan sahur yang disukai anak. Hal ini agar anak mau makan, karena jika dalam kondisi mengantuk anak akan sulit untuk makan. 

4. Sebagai tahap awal belajar puasa, anak tidak melakukan puasa hingga Magrib. Kalian bisa mencoba membagi beberapa waktu seperti puasa setengah hari. Hal ini juga bertujuan melatih agar pencernaan si anak tidak kaget. Selain itu, hal ini untuk melatih mental anak untuk menjalani puasa di tahun depan. 

5. Pemberian rewards atau hadiah untuk anak yang berhasil belajar puasa. Hal ini agar si anak menganggap puasa adalah hal yang menyenangkan. Namun, ketika anak sudah bertambah usianya dan mulai mengerti tentang agama, hilangkan pemberian hadiah. 

Sudah siap kenalkan puasa kepada anak Anda?

sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tips Mudah Ajari Anak Berpuasa ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Senin, 22 Juli 2013 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tips Mudah Ajari Anak Berpuasa
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi