Ini Dia 5 Mainan untuk Tumbuh Kembang Anak

Bagi pasangan muda yang baru memiliki anak, mainan adalah salah satu pilihan untuk membuat buah hati terhibur. Tidak hanya itu, mainan juga dapat menjadi media belajar yang mendukung perkembangan anak, terutama yang berusia 1,5 tahun ke atas.
Sebagai orang tua, tentu Anda ingin memberikan mainan yang menghibur sekaligus mendidik.

Berikut 5 mainan yang tepat untuk tumbuh kembang anak, dikutip dari buku Toys, Play, and Child Development karya Jeffrey H. Goldstein.

1. Balok
 Mainan jenis ini membantu anak belajar mengenal berbagai bentuk benda seperti lingkaran, bujur sangkar, hingga jajar genjang. Lebih baik lagi jika memilihkan balok yang berwarna-warni agar anak dapat sekaligus belajar membedakan warna.

2. Bola
 Jenis mainan ini telah banyak dipilih oleh orang tua sebagai latihan bagi anak dalam mengembangkan kesadaran spasial (ruang dan tempat).

3. Alat musik mainan
 Memperkenalkan berbagai macam jenis suara serta melatih koordinasi antara tangan dan mata dalam menentukan nada suara yang diinginkan. Hal-hal tersebut berpengaruh terhadap perkembangan motorik anak.

4. Miniatur profesi
 Anda dapat memberikan mainan berbentuk minatur profesi seperti stetoskop, perlengkapan masak, atau replika alat pertukangan. Jenis mainan tersebut membantu melatih anak mengembangkan daya imajinasi, kemampuan bahasa, serta interaksi sosial pada anak.

5. Puzzle
 Mainan ini bermanfaat untuk menambah antusiasme belajar, meningkatkan ketangkasan, serta membantu pengembangan kognitif anak.

sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Ini Dia 5 Mainan untuk Tumbuh Kembang Anak ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Selasa, 02 Juli 2013 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Ini Dia 5 Mainan untuk Tumbuh Kembang Anak
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi