EUGENE POLLEY SI PENCIPTA REMOTE CONTROL TELEVISI

Pernah berpikir bagaimana remote control televisi pertama kali diciptakan ? Dahulu televisi pertama dipasarkan belum memiliki remote control seperti sekarang. Dan mungkin anda juga belum mengetahui bahwa remote control pun mengalami evolusi dari pertama kali desain remote control diperkenalkan 1998 di dunia.


Nah pencipta remote control khusus untuk televisi adalah Eugene Polley. Dan kabar terakhir disebutkan bahwa Mr. Eugene Polley meninggal dunia karena sakit pada hari Minggu, 20 May 2012 pada usia 96 di Rumah Sakit Advocate Good Samaritan Hospital di Downers Grove, Illinois.

Mr. Polley memulai karirnya di Zenith pada usia 47 tahun. Mendapatkan beberapa prestasi yang terbesar dengan penemuan dua remote nirkabel pada tahun 1955 dan 1956. Pekerjaan pertamanya adalah sebagai pekerja gudang, kemudian ia pindah ke departemen pengembangan katalog perusahaan. Selama Perang Dunia II, Mr. Polley bekerja pada kemajuan radar untuk departemen pertahanan AS. Setelah ada kesempatan untuk komersil, Mr. Polley menciptakan penemuan terbesar kala itu, alat remote control pertama untuk televisi yang diberi nama Flash-matic untuk TV Zenith .





Flash-Matic diperkenalkan pada tahun 1955 dan menggunakan perangkat seperti senter untuk mengaktifkan sel-sel foto pada televisi untuk mengubah saluran.Perangkat Flash-Matic, yang dijual dengan televisi Zenith, bisa mengubah gambar ,mematikan, mengubah suara, dan putar tuner saluran searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam sehingga pemirsa bisa beralih program tanpa beranjak dari tempat duduknya.
Namun, penemuannya tidak sempurna seperti sekarang.Terangnya sinar matahari dapat mengganggu fungsi remote saat digunakan. Karenanya Mr. Polley dan Zenith mengupgrade kembali teknologi Flash-Matic tersebut. Akhirnya di tahun 1956 muncullah ‘Space Command’ generasi TV nirkabel berbasis teknologi ultrasonic. Berbentuk kotak dan memiliki batang alumunium yang ketika digunakan akan menimbulkan suara ‘clickers’ ketika digunakan. Tapi si ‘clickers’ inipun masih memiliki kekurangan, diantaranya frekueni yang tinggi sering menganggu hewan seperti anjing. Namun justru ‘SpaceCommand alias Clickers’ ini mampu bertahan hingga 1980an sebelum teknologi remote infra red diperkenalkan. Dan lagi-lagi, Mr.Polley pun berperan serta dalam penciptaan remote infra red ini.
Prestasi dan sumbangsih Mr. Polley itu tidak berhenti di situ. Dia pun berperan serta dalam mengembangkan awal DVD, disk video, dan teknologi tombol radio. Karena peranannya yang begitu bermanfaat di tahun 1997, MR. Polley mendapatkan penghargaan Emmy untuk prestasi di bidang teknologi.
Mr. Polley lahir di Chicago pada tahun 1915 dan merupakan penduduk lama dari Lombard, Illinois.Ia meninggalkan putranya, Eugene Polley J Jr, cucu Harun yang tinggal di San Diego. Istrinya, Blanche, dan putrinya, Joan, terlebih dahulu meninggal beberapa tahun lalu.
EVOLUSI CONTROL REMOTE TELEVISI
1898: Desain dikenal pertama untuk teknik kontrol remote oleh American-Serbia Nikola Telsa
1903: Spanyol Leonardo Torres Quevedo menciptakan robot yang dikendalikan jarak jauh pertama, yang berfungsi dengan transmisi radio
1950: TV jauh pertama yang gunakan kabel, disebut Lazy Bones’ diciptakan oleh Robert Adler untuk Zenith
1955: Eugene Polley menciptakan remote nirkabel, Flash-Matic, untuk Zenith
1956: Polley dan Adler memperkenalkan Space Command, yang menggunakan gelombang ultrasonik (frekuensi tinggi suara yang dihasilkan oleh batang aluminium)
1980: Kanada Paul Hrivnak menghasilkan remote control infra merah, yang bekerja melalui berkas cahaya frekuensi rendah, tak terlihat oleh mata manusia, untuk Philips
1987: Steve Wozniak dari Apple mengembangkan sebuah remote control universal (CORE – Controller Alat Remote) tetapi terlalu rumit untuk penggunaan umum
2006: Hillcrest Labs mengembangkan pointer Loop, yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol TV dengan gerakan alam, meskipun tidak dimasukkan ke dalam produksi skala besar.


Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel EUGENE POLLEY SI PENCIPTA REMOTE CONTROL TELEVISI ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Minggu, 17 Juni 2012 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan EUGENE POLLEY SI PENCIPTA REMOTE CONTROL TELEVISI
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi