Inovasi Baru Google pada Search Box

Beberapa waktu yang lalu Infospesial sempat memberitakan betapa dekatnya Yahoo dengan Google sekarang. Indikasinya adalah dari keuntungan Yahoo yang meningkat pesat, harga sahamnya berlipat, bahkan kini traffic-nya melesat

Google patut waspada, apalagi Yahoo adalah "Raja lama" di bidang teknologi informasi. Bukan tidak mungkin akan mengklaim "mahkota"-nya kembali. Oleh karena itu Google berupaya melakukan inovasi terus menerus, utamanya terhadap sektor terkuatnya, yaitu mesin pencari. 

Hal kecil kadang bisa menciptakan perbedaan besar. Dengan pemikiran tersebut, Google meningkatkan pengujian untuk tambahan terhadap Chrome yang rencananya akan menciptakan kotak pencari (search box) ke dalam jendela tab baru (new tab), yang memudahkan untuk mencari Web. Google telah menguji fitur tersebut bersama dengan sekelompok kecil pengguna di Chrome eksperimental yang dikembangkan sejak bulan Desember 2012. Sembari meningkatkan kinerja dan tampilannya berdasarkan umpan balik dari para penguji tersebut, Google kemudian mengembangkan fitur tersebut kepada "sekelompok kecil orang" di Windows, Mac, dan Chromebooks yang menggunakan versi stabil dari Chrome (atau Chrome OS) dan menggunakan Google sebagai mesin pencari defaultnya.


Fitur ini sifatnya memang masih percobaan, tapi Google menyatakan bahwa fitur ini bisa diintegrasikan ke dalam mesin pencari mana pun yang menggunakan API. Salah satu fitur terbaik Chrome adalah kemampuannya untuk menggunakan omnibox (bar URL), yang menjadikan urutan pencarian menjadi sangat sederhana, namun fitur ini juga akan memberikan opsi lain bila digunakan secara penuh. 

Konsep Google ini merupakan tips manajemen klasik, yaitu terus asah kelebihanmu, sembari berusaha menambal kekuranganmu perlahan-lahan. Karena bagaimanapun juga yang menjadi faktor pembeda antara Google dengan mesin pencari lain adalah kekuatan Google yang mampu melakukan pencarian cepat dengan banyak fitur menarik yang nampak sederhana namun sebenarnya rumit dan sangat membantu untuk pencarian spesifik. 

Google memang mengembangkan banyak proyek sampingan lain, tapi tetap berusaha memaksimalkan potensi dasarnya, yaitu kekuatan mesin pencari.

sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Inovasi Baru Google pada Search Box ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Jumat, 30 Agustus 2013 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Inovasi Baru Google pada Search Box
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi