Konglomerat Taiwan Buat Awards Nobel Tandingan

Seorang konglomerat Taiwan berniat untuk membuat sebuah penghargaan Nobel tandingan. Penghargaan yang diberi nama Penghargaan Tang itu sedianya akan diberikan kepada tokoh dunia yang berprestasi dibidang ilmu alam dan sosial.

Konglomerat bernama Samuel Yin itu menyiapkan uang sebesar 3 miliar dolar Taiwan atau setara dengan Rp978 miliar (Rp326 per dolar Taiwan). Nama Tang sendiri diambil dari Dinasti Tang di China yang dianggap sebagai periode dengan pencapaian teknologi dan kebudayaan terbesar dalam sejarah China. 

Penghargaan tersebut akan diberikan untuk bidang biofarmasi, pembangunan berkelanjutan, studi China, dan hukum. Yin beralasan pemilihan tersebut karena bidang-bidang itu tidak ada dalam penghargaan Nobel, padahal bidang-bidang tersebut sangat penting perannya dalam perkembangan peradaban manusia.

Pemenang penghargaan tersebut sendiri masing-masing akan mendapatkan hadiah uang sebesar 50 juta dolar Taiwan atau setara dengan Rp16 miliar (Rp326 per dolar Taiwan). Pemberian penghargaan akan dimulai sejak tahun depan.

Para nominasi dan pemenang penghargaan Tang nantinya akan dipilih oleh lembaga Academia Sinica. Lembaga tersebut adalah organisasi riset paling prestisius yang ada di Taiwan. Demikian diberitakanAssociated Press, Senin (28/1/2013).

Yin sendiri memang dikenal sebagi seorang konglomerat yang dermawan. Pada tahun 1980-an ia sempat mendanai pembuatan jalur kereta di pantai timur China. Ia juga berjanji akan memberikan semua hartanya untuk amal apabila meninggal nanti.


sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Konglomerat Taiwan Buat Awards Nobel Tandingan ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Selasa, 29 Januari 2013 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Konglomerat Taiwan Buat Awards Nobel Tandingan
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi