Indahnya Danau Bulan Sabit Di Tengah Gurun China


Di 6 kilometer dari kota Dunhuang di barat laut China ( Dunhuang ) terdapat sebuah danau yang unik berbentuk bulan sabit. Dikenaldengan sebutan Danau Yueyaquan.   Danau dan oasis kecil di sekitar terjepit di antara hampir seratus meter bukit pasir.  Sejak tahun 2006, pemerintah China berusaha melindungi danau ini pada kehancuran dan menyisakan danau berbentuk bulan sabit sebagai sebuah monumen alam.
Photobucket
Dalam penelitian ahli geologi dan hidrologi, danau ini telah menjadi sumber kehidupan dan  selama 50 tahun terakhir, terus berkurang debit airnya.  Pada tahun 1960, kedalaman rata-rata hanya 4,5 meter (maksimum – sampai dengan 8 meter), dan pada tahun 1995 – hanya satu meteran saja.  Wilayah Danau juga berkurang hampir setengah yaitu antara 13-5600 meter persegi.  Menurut para ilmuwan, penyebab pengeringan danau adalah penurunan muka air – pada tahun 1970 debit  turun menjadi 7-10 meter.
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Sejak tahun 2006, Cina mulai program perlindungan peninggalan dari danau, yang sudah ada lebih dari empat ribu tahun pada dinasti Qing dengan menambah debit air.  Selain untuk melindungi alam, pemerintah daerah dan pemerintah pusat juga memimpin perhitungan budaya dan ekonomi – setiap tahun oasis yang unik di padang gurun ini dikunjungi oleh ribuan wisatawan.

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Indahnya Danau Bulan Sabit Di Tengah Gurun China ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Rabu, 16 Januari 2013 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Indahnya Danau Bulan Sabit Di Tengah Gurun China
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi