Usia Planet Bumi Tinggal 1,75 Miliar Tahun

Usia planet Bumi telah lebih dari 4,54 miliar tahun berdasarkan penanggalan radiometrik meteorit. Planet Bumi sudah sangat tua, rusak dan padat oleh kehidupan manusia. Berapa lama Bumi bisa bertahan sebelum hari kiamat datang? Sebuah penelitian dilakukan University of East Anglia, Inggris, Bumi diperkirakan masih mampu menopang kehidupan selama 1,75 miliar tahun mendatang. Dengan syarat tidak ada bencana dahsyat nuklir, tabrakan asteroid raksasa dan malapetaka lainnya. 

Namun meski demikian, antara 1,75 miliar hingga 3,25 miliar tahun lagi, Bumi akan keluar dari zona layak huni (habitable) dalam Tata Surya ke zona panas. Bumi akan mendekati Matahari dan membuat lautan kering yang berimbas pada kondisi kehidupan termasuk manusia. Lebih mengkhawatirkannya lagi, kala kondisi tersebut terjadi, maka manusia akan berusaha mencari solusi dengan menempati planet baru lain tanpa tahu kapan planet tersebut bisa bertahan. Ditambah lagi menurut para peneliti, bukan perkara mudah menempati sebuah planet baru. 

Evolusi kehidupan yang kompleks di Bumi saja membutuhkan proses dan waktu yang sangat panjang yakni hampir 4 miliar tahun yang lalu.  "Disusul serangga 400 juta tahun lalu, dinosaurus 300 juta tahun lalu, tanaman berbunga 130 juta tahun lalu," kata ketua tim peneliti dari University of East Anglia, Andrew Rushby, seperti yang dikutip dari LiveScience. "Manusia dengan anatomi modern baru ada sekitar 200.000 tahun terakhir. Jadi bisa dilihat, dibutuhkan waktu yang sangat lama bagi kehidupan cerdas untuk berkembang di sebuah planet," tambahnya. 

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Astrobiology (18/9), berdasarkan kalkulasi, masa tinggal Bumi di zona habitasi maksimal tinggal 7,79 miliar tahun. Sementara, planet-planet lain punya waktu bervariasi dari 1 miliar hingga 54,72 miliar tahun. "Jika kita, manusia, terpaksa pindah ke planet lain. Mars mungkin yang terbaik. Jaraknya relatif sangat dekat dengan Bumi, dan masih berada dalam zona layak huni, hingga hidup Matahari berakhir - 6 miliar tahun dari sekarang," pernyataan Rushby. Prediksi kiamat Astronom Kerajaan, Martin Rees memprediksi jka pada tahun 2020 sekitar sejuta orang akan meninggal akibat bio-terror atau bio-error. Bioteknologi yang bisa mematikan manusia, secara massal dan cepat dijadikan senjata biologi.  

Selain itu ada juga ancaman asteroid, Kepala NASA Charles Boden menyatakan manusia hanya berdoa jika asteroid menuju Bumi. NASA mengklaim telah mendeteksi lebih dari 97 persen asteroid "pembunuh planet" di tata surya - batu angkasa yang luasnya 6-7 mil, mirip dengan yang memusnahkan dinosaurus.

sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Usia Planet Bumi Tinggal 1,75 Miliar Tahun ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Senin, 23 September 2013 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Usia Planet Bumi Tinggal 1,75 Miliar Tahun
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi