Eropa Dapat Belajar dari Indonesia


Wakil Perdana Menteri Belanda Maxime Verhagen mengakui, Eropa yang sedang dilanda krisis keuangan dapat belajar banyak dari Indonesia dalam mengatasi krisis serta dalam mewujudkan harapan baru.
Maxime Verhagen menyampaikan hal itu dalam sambutannya sebagai tamu kehormatan pada Resepsi Diplomatik dalam rangka peringatan HUT ke-67 Proklamasi Kemerdekaan RI di Wisma Duta Wassenaar, Belanda, Rabu (5/9/2012).

Dalam acara tersebut Maxime Verhagen menerima nasi tumpeng berwarna kuning dari Dubes RI untuk Kerajaan Belanda, Retno LP Marsudi, di hadapan lebih dari 400 tamu undangan. Demikian keterangan pers KBRI Den Haag yang diterima Antara London, Kamis (6/9/2012).

Wakil PM Maxime Verhagen menyampaikan ucapan selamat kepada Dubes RI dan menekankan pentingnya diperkuat kerja sama bilateral di bidang pengelolaan air antara Indonesia dan Belanda serta menyambut baik kemajuan yang pesat pelaksanaan sistem demokrasi dan penghormatan  nilai-nilai hak asasi manusia dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Dikatakannya, Indonesia yang dilanda krisis keuangan pada tahun 1998 dengan rasio utang mencapai 400 persen dari GDP terbukti mampu menekan sampai hanya 25 persen dari GDP dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun. Indonesia bahkan dapat mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi sebesar 6,2 persen per tahunnya.

Ditambahkannya, Belanda dengan Pelabuhan Rotterdam dan Bandara Schiphol  tetap menjadi pintu gerbang komoditas Indonesia ke wilayah Eropa dan dewasa ini semakin banyak mahasiswa Indonesia yang melanjutkan studi di Belanda. "Di sektor perdagangan, Indonesia menjadi mitra perdagangan bilateral ketiga terbesar di wilayah Asia, setelah China dan India," ujarnya.

Sementara itu, Dubes Retno LP Marsudi menekankan kembali bahwa perkembangan ekonomi dan demokratisasi di Indonesia akan bergulir terus. Kebijakan bilateral Indonesia dengan Belanda dewasa ini difokuskan pada kerja sama ekonomi yang ditandai dengan tingginya frekuensi kunjungan delegasi perdagangan, investasi, dan industri kreatif Indonesia ke Belanda.

Berkenaan dengan meningkatnya kekuatan ekonomi Indonesia serta peran Indonesia, seperti dalam forum G-20, ASEAN, ataupun kerja sama multilateral lainnya, Dubes Retno LP Marsudi mengajak Wakil PM Maxime Verhagen untuk bersama-sama memperkuat kerja sama bilateral berdasarkan perkembangan terkini serta berorientasi pada masa depan.

Dubes RI berharap kerja sama di sektor industri kreatif yang juga menjadi prioritas pengembangan perekonomian di Belanda dapat dikembangkan.

Kegiatan Resepsi Diplomatik tersebut juga dimanfaatkan KBRI Den Haag untuk mempromosikan kulinerIndonesia kepada para undangan dengan cara penyajian baru menu Indonesia, di antaranya, rujak sukabumi, mi goreng, nasi goreng, lumpia, risoles, sate ayam, dan es cendol.

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Eropa Dapat Belajar dari Indonesia ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Sabtu, 08 September 2012 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Eropa Dapat Belajar dari Indonesia
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi