F12 Berlinetta, Ferrari Tercepat Di Dunia



Setelah muncul di Geneva Motor Show Maret lalu, giliran Indonesia mendapat jatah memperkenalkan Ferrari tercepat, F12 Berlinetta lewat dealer resminya, Citra Langgeng Otomotif (CLO), di Jakarta, akhir pekan lalu. Namun sosok yang muncul saat itu masih berstatus mobil demo dengan model setir kiri. Tahun depan, CLO resmi mendatangkan versi setir kanan yang akan dikirim kepada 16 orang pemesan saat ini.
Dengan hadirnya F12, berarti klaim tenaga terbesar yang ada di Tanah Air sebelumnya dipegang McLaren MP4-12C beralih ke sedan berlogo kuda jingkrak tersebut. Betapa tidak, dari mesin tipe V12 dengan sudut kemiringan 65 derajat, berkapastas 6,3 liter yang terletak di depan mampu menghembuskan daya 740 PS (MP4-12C 600 PS) dan torsi 690 Nm.
Sebagai pemindah tenaga mengadopsi jenis yang sama dengan 458 Italia, California dan FF, yakni otomatis 7 percepatan dengan kopling ganda. Untuk memberikan sensasi mengendari mobil F1, pengemudi bisa memindahkan posisi gigi memakai paddle shift yang berada di balik setir.
Istimewanya, kendati memiliki tenaga besar, pengganti 599 ini ditanamkan fitur penunjang efisiensi bahan bakar, di antaranya teknologi start/stop. Hasilnya, diklaim penggunaan bahan bakar mencapai 6,3 kpl, 30 persen lebih baik dari 599. Sedangkan tingkat emisi gas buang bisa dicekek sampai 350 g/km. Untuk performa, mobil seberat 1,5 ton ini mampu melesat hingga 100 kpj dari posisi diam dalam waktu 3,1 detik. Sedangkan kecepatan maksimum bisa digeber hingga 340 kpj.
Performa tersebut tak lepas dari desain hasil kerja bareng Ferrari Styling Center dan Pininfarina yang menciptakan lekuk body aerodinamis. Daya tahanan angin yang dihasilkan 0,299. Dari hasil ujicoba  mereka, daya tekan (downforce) saat melaju 200 kpj mencapai 123 kg atau mengalami peningkatan 76 persen dari 599 GTB.

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel F12 Berlinetta, Ferrari Tercepat Di Dunia ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Selasa, 04 September 2012 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan F12 Berlinetta, Ferrari Tercepat Di Dunia
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi