Bahaya Kerja Lembur

Pada zaman globalisasi seperti ini, persaingan dalam dunia karir dan bisnis sangatlah ketat, semua pekerja harus dihadapkan dengan pekerjaan yang menumpuk dan mewajibkannya untuk lembur. Tak jarang waktu akhir pekan pun digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan. Sebuah perusahaan mengasosiasikan karyawan yang kerap lembur dengan etos kerja tinggi dan karenanya mendapatkan apresiasi tersendiri. Bisa juga apresiasi ini adalah motif untuk menyemangati karyawannya untuk tidak mengeluh masalah jam lembur mereka. 

Sebuah penelitian yang dilakukan dilakukan perusahaan asuransi AXA menyebutkan bahwa hal tersebut justru berpengaruh buruk terhadap kesehatan dan berdampak pada kehidupan sosial karyawan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa seorang karyawan yang menambah jam kerja sebanyak 4 hingga lebih dari 7 jam setiap Minggu, memicu tingkat stres yang tinggi yang bisa berujung pada depresi. Selain itu waktu yang banyak dihabiskan di kantor membuat mereka hanya punya sedikit waktu bertemu teman dan keluarga. 

Padahal, teman dan keluarga punya peran penting dalam menurunkan tingkat stres seseorang. Glen Parkinson, salah satu peneliti berpendapat bahwa, Faktanya, akibat kerja lembur banyak karyawan yang kehilangan waktu berharga bersama keluarga, lebih lanjut, glen menyebutkan bahwa akibat berlebihnya jam kerja dan berkurangnya waktu bersosialisi membuat karyawan didiagnosa menderita penyakit psikis, seperti stres, kecemasan berlebihan, hingga depresi. Ketika bersosialisasi, mereka kerap tidak punya pembahasan lain, selain urusan pekerjaan, yang mengindikasikan tidak adanya kehidupan lain di luar pekerjaan. 

Kebanyakan perusahaan memberikan asuransi kesehatan fisik dan bukan psikis, sehingga penyakit psikis pada karyawan kerap tidak diketahui hingga terlambat ditangani, terang Parkinson. Berdasarkan fakta tersebut, AXA menyarankan agar perusahaan juga memberikan benefit berupa asuransi kesehatan mental bagi karyawan. Hal itu tidak hanya akan memberikan keuntungan bagi karyawan, tapi juga perusahaan, kata Parkinson.

sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Bahaya Kerja Lembur ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Rabu, 13 Agustus 2014 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Bahaya Kerja Lembur
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi