Inilah Temuan Arkeolog yang Baru Di Wonogiri

ILUSTRASI ARKEOLOG

Tim  Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah bersama arkeolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, melakukan penelitian lebih lanjut di Gua Song Gilap Wonogiri, Senin-Sabtu (24-29/6/2013).

Penelitian tersebut terkait dengan temuan pisau dari tulang yang diduga peninggalan manusia purba di gua itu.
Dari hasil penggalian Selasa (25/6), tim berhasil menemukan beberapa artefak, tulang-belulang primata atau kera, serta puluhan cangkang kerang di gua tersebut.

Temuan itu mengindikasikan bahwa gua itu pernah menjadi tempat peradaban atau setidaknya tempat tinggal manusia zaman prasejarah. Tulang-belulang dan cangkang kerang tersebut diduga sisa makanan para penghuni gua.

“Kemarin [Senin (24/6)], kami sudah membuat petak-petak sampel penggalian. Hari ini [Selasa] sudah ada temuan artefak prasejarah dan tulang-tulang binatang,” Ketua Tim Penggalian dan Penyelamatan Situs BPCB Jateng, Sugeng Widodo.

Pihaknya meneliti gua tersebut karena survei awal menyatakan telah ada indikasi kehidupan prasejarah di tempat itu. Saat survei awal itu, peneliti menemukan beberapa artefak di permukaan tanah.

sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Inilah Temuan Arkeolog yang Baru Di Wonogiri ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Rabu, 26 Juni 2013 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1 komentar : di postingan Inilah Temuan Arkeolog yang Baru Di Wonogiri
 

1 komentar :

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi