Hasil Foto Karya Simpanse Dihargai Rp 1 Miliar


Satu set foto telah dibuka untuk dilelang, namun setelah dilihat foto itu terlihat kabur dan tidak fokus. Wajar saja karena foto-foto ini diambil oleh seekor simpanse. Hah?

Simpanse memang dikenal sebagai salah satu hewan yang pintar. Bahkan hewan itu juga bisa dilatih untuk mengambil gambar menggunakan kamera. Seperti yang dilakukan oleh seekor simpanse bernama Mikki.


Simpanse bernama Mikki ini dilatih untuk mengambil gambar menggunakan kamera (Sumber : metro.co.uk)
 Hewan berusia 15 tahun itu dilatih oleh seorang seniman kontemporer, Vitaly Komar dan Alexander Melamid setelah mereka menemukan primata itu dari sebuah sirkus di Moskow.

Mikki dilatih untuk bisa  mengambil gambar dengan menggunakan Polaroid sebelum ia beralih ke kamera analog dan kemudian mulai menggunakan kamera antik.

Alhasil, mikki berhasil menciptakan pencitraan gambar kabur dari kota Red Square yang indah. Dan foto tersebut menjadi bagian dari sebuah pameran dengan nama “Moskow Kita Melalui Mata Mikki.”

Hasil foto Mikki juga akan ditempatkan di rumah lelang Sotheby untuk dilelang dengan harga mencapai £ 70.000 atau sekitar Rp 1 miliar lebih. Lelang Sotheby akan berlangsung di London pada tanggal 5 Juni mendatang.



Gambar kabur dari kota Red Square karya Mikki ini dihargai Rp 1 miliar (Sumber : metro.co.uk)
Sang kurator rumah lelang seni kontemporer, Suad Garayeva, mengatakan, “Hasil gambar itu telah mengejutkan para seniman karena Mikki bisa jelas melihat kemiripan dengan apa yang ada di depannya,” seperti dilansir Metro.

“Ini sangat menyenangkan, Mikki cukup bersemangat dengan hasilnya,” tambahnya.

Karya Mikki itu juga menjadi bagian dari koleksi kolaborasi hewan dan manusia oleh Komar dan Melamid. Proyek itu telah dimulai sejak tahun 1978, diantaranya  ada gambar yang diambil oleh seekor anjing dan lukisan yang dibuat oleh gajah pada tahun 1990.

sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Hasil Foto Karya Simpanse Dihargai Rp 1 Miliar ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Kamis, 16 Mei 2013 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Hasil Foto Karya Simpanse Dihargai Rp 1 Miliar
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi