10th Lagi Agama Islam Dominasi Negara Britania Raya

Kantor Statistik Nasional (ONS) Inggris pada 2011 lalu telah melakukan sensus dengan hasil satu dari sepuluh orang di bawah usia 25 tahun di Inggris merupakan warga Muslim, sedangkan warga Kristen mengalami penurunan. 

Dilansir dari Merdeka, populasi warga muslim dan penuaan demografis di warga Nasrani membuat Islam akan menjadi agama yang dominan dalam sepuluh tahun ke depan. Sensus ini juga memperlihatkan bahwa jumlah warga Kristen menurun 50 persen lebih cepat dari yang diperkirakan. Padahal, analisa awal statistik hanya mengalami 15 persen penurunan. 

Namun, ONS menemukan fakta angka ini diperkuat dengan tingkat kelahiran warga Kristen Inggris di luar negeri, yaitu sebanyak 1,2 juta orang. Data ini juga menunjukkan jika mayoritas warga Kristen sudah berusia di atas 60 tahun dan kurang dari setengah remaja di Inggris yang beragama Kristen. ONS juga telah menghitung bahwa dalam satu dekade ke depan, warga Kristen akan menjadi kaum minoritas di Inggris. 

Saat ini, Kristen masih menjadi agama dominan di Inggris dengan jumlah lebih dari 50 persen populasi. Namun, data juga memperlihatkan populasi warga muslim meningkat drastis yaitu 75 persen selama 15 tahun terakhir, di Inggris dan Wales. Padahal, sensus penduduk 2011, warga Muslim di Inggris hanya 5 persen. Peningkatan ini diduga karena sekitar 600 ribu imigran Muslim tiba di Inggris lebih dari satu dekade lalu. 

Dilansir dari Telegraph, Direktur Eksekutif Kantor Statistik Nasional, Keith Porteous Wood, mengatakan bahwa penurunan warga Kristen memang tidak bisa dihindarkan. "Dalam 20 tahun ke depan akan ada lebih banyak kegiatan kaum muslim daripada orang pergi ke gereja." 

Selain warga Muslim dan Nasrani, warga yang mengaku dirinya sebagai Ateis juga meningkat sebesar 10 persen, yakni dari angka 15 persen menjadi 25 persen. Asosiasi Humanis Inggris menggambarkan perubahan ini dengan sebutan pergeseran budaya yang sudah terlihat jelas. 

Gereja Inggris menanggapi data ini dan menyatakan pihaknya masih mempertahankan dasar yang kuat dari iman orang-orang Kristen. "Ini adalah sebuah tantangan, fakta bahwa enam dari sepuluh orang di Inggris dan Wales menyatakan diri mereka sebagai orang Kristen tidak boleh mengecilkan hati kita. Kekristenan tidak lagi sebuah agama budaya, tetapi agama keputusan dan komitmen. Orang membuat sebuah pilihan yang positif dalam menyatakan diri mereka sebagai Nasrani," kata Juru bicara Keuskupan Katolik Inggris dan Wales, pada Desember tahun lalu. 

Data ONS juga memperlihatkan peningkatan pengikut agama Hindu, Sikhisme, Buddha, dan Yahudi.

sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 10th Lagi Agama Islam Dominasi Negara Britania Raya ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Minggu, 26 Mei 2013 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan 10th Lagi Agama Islam Dominasi Negara Britania Raya
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi