Pulau Okinawa, Pulau Tersehat di Dunia


Di Jepang, ada sebuah pulau yang dijuluki sebagai pulau tersehat di dunia, Pulau Okinawa namanya. Dijuluki demikian karena pulau ini memiliki penduduk dengan usia paling tua, paling bahagia dan paling sehat di dunia. Yuk, kita tengok!

Pulau Okinawa adalah pulau kecil di lepas pantai selatan Jepang. Pulau ini merupakan pulau terbesar di Kepulauan Okinawa sekaligus di Kepulauan Ryukyu, Jepang.

Ada banyak alasan yang membuat Pulau Okinawa disebut-sebut sebagai pulau tersehat di dunia. Beberapa alasan tersebut antara lain, diet sehat, sosial masyarakat yang baik, spiritual dan tingkat aktivitas fisik yang tinggi.

Jangan heran bila melihat para penduduk Okinawa mengonsumsi biji-bijian, ikan dan sayuran, serta ditambah dengan sedikit daging, telur dan susu. Inilah kunci sehat penduduk Okinawa, seperti dilansir hubpages, Selasa (27/3/2012).

Selain terkenal sebagai pulau dengan penduduk sehat, Okinawa juga dikenal sebagai pulau yang dihuni oleh penduduk dengan usia paling tua. Di pulau kecil itu usia harapan hidup tergolong tinggi, untuk perempuan rata-rata berumur 86 tahun dan laki-laki 78 tahun. Bila di daerah lain di Jepang tingkat bunuh diri terbilang tinggi, hal tersebut tidak berlaku di Okinawa. Di pulau itu justru memiliki banyak lansia yang usianya lebih dari 100 tahun, yaitu sekitar 457 orang.

Tak hanya sehat, orang-orang di Okinawa juga hidup dengan sangat bahagia. Orang tua atau lansia di Okinawa menerima tingkat penghormatan yang lebih tinggi dalam kegiatan sehari-hari, sebagai gambaran budaya yang berkembang di daerah tersebut. Penduduk Okinawa juga lebih banyak terlibat dalam kegiatan rohani.

Orang-orang Okinawa pun jauh lebih aktif. Lansia di pulau tersebut masih banyak yang aktif bekerja dan tampak sangat sehat. Seorang petani berusia 88 tahun terlihat masih sehat dan mampu bekerja 11 jam sehari di lapangan. Kerutan penuaan dan stres tampaknya menjadi konsep yang asing di tempat tersebut.

"Saya hampir tidak pernah marah. Saya menikmati hidup karena saya senang di tempat kerja dan saya pikir itu adalah obat panjang umur," jelas seorang warga Okinawa.


sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pulau Okinawa, Pulau Tersehat di Dunia ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Jumat, 10 Mei 2013 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pulau Okinawa, Pulau Tersehat di Dunia
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi