Yahudi Eropa Khawatir dengan Kelompok Neo-Nazi Yunani

Nikolaos Michaloliakos 


Konggres Yahudi Eropa mendesak seluruh pemerintah negara Eropa agar menjegal kelompok ekstrim kanan (neo-Nazi) di Yunani. Mereka khawatir, akan muncul sifat anti-Semit yang muncur di Yunani.

Presiden Konggres Yahudi Eropa Moshe Kantor, mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Ceko Petr Necas. Kantor meminta dukungan dari Necas untuk melindungi umat Yahudi di Eropa dari segala bentuk diskriminasi.

Hingga saat ini, Ceko menjadi sekutu paling penting bagi Israel di Uni Eropa. Ceko juga yang mengusulkan agar Uni Eropa mengadakan pendekatan dengan Negeri Yahudi itu. 

Kantor tidak menjelaskan secara detil apa yang akan dilakukan organisasinya, namun mereka akan mengusulkan sebuah pertukaran informasi intelijen tentang ancaman anti-Semit di Eropa. Kantor sangat khawatir dengan Partai Golden Dawn di Yunani yang mengalami kebangkitan di Yunani. 

Partai Golden Dawn menorehkan prestasi yang cukup baik dalam pemilu Parlemen Yunani pada 6 Mei lalu. Meski partai itu menolak disebut sebagai "neo-Nazi," Golden Dawn memiliki sikap anti-imigran. Lambang dari Golden Dawn sendiri mirip dengan lambang swastika yang digunakan oleh Nazi Jerman. 

"Sebelum mendesak seluruh pimpinan negara Eropa agar bertindak memerangi diskriminasi, mereka harus membersihkan negaranya terlebih dahulu dengan melarang para politisi atau partai politik yang mengajarkan kekerasan," ujar Kantor, seperti dikutip Associated Press, Kamis (17/5/2012).

"Kebangkitan Golden Dawn akan menciptakan guncangan di seluruh wilayah Eropa," tegasnya.

Kantor berniat mengadakan pertemuan dengan Kepala Urusan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton dan Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy. Konggres Yahudi Eropa juga sudah berkonsultasi dengan Francois Hollande, beberapa pekan sebelum Hollande terpilih menjadi Presiden Prancis.

Meski Golden Dawn hanya mendapat tujuh persen suara dalam pemilu 6 Mei lalu, jumlah itu disebut sebagai sebuah peningkatan, karena sebelumnya, partai itu hanya mendapat 0,29 persen suara. Dengan meraih tujuh persen suara, mereka sama saja dengan mendapat 21 kursi di parlemen.

Menurut Kantor, krisis ekonomi yang muncul menjadi penyebab dari bangkitnya gerakan anti-Semit di Eropa. Anti-Semit juga muncul akibat adanya eskalasi konflik Israel dan Palestina di Timur Tengah.



sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Yahudi Eropa Khawatir dengan Kelompok Neo-Nazi Yunani ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Jumat, 18 Mei 2012 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Yahudi Eropa Khawatir dengan Kelompok Neo-Nazi Yunani
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi