BMW Rakit X3 di Indonesia


BMW X3

Interior BMW X3
Bayerische Motoren Werke atau lebih dikenal dengan BMW, menambah lagi model yang dirakitnya di Indonesia. Kalau sebelumnya, merek premium asal Jerman itu sudah merakit sedan Seri 3 dan 5 serta SUV (BMW menyebutnya Sport Activity Vehicle)  X1, kini bertambah lagi dengan X3. Dengan ini pula, BMW telah merakit empat modelnya di Indonesia.
BMW X3 rakitan perdana Indonesia diluncurkan hari ini di Gaya Motor, Sunter Jakarta Utara. Peluncuran dilakukan oleh  Presiden Direktur PT BMW Indonesia, Ramesh Divyanathan didampingi Sudirman Maman Rusdi dan Henry Eric Wirawan dari PT Astra International Tbk dan  Ary Mariano Sumampauw, Presiden Direktur PT Tjahja Sakti Motor.

10 unit 
Menurut Ramesh Divyanathan, BMW terus menambahkan model yang dirakitnya di Indonesia. “Ini merupakan bagian dari komitmen BMW yang telah berinvestasi Rp 100 miliar sejak 2011. Dengan tambahan model bau yang diproduksi di Indonesia, jumlah hasil rakitan BMW akan bertambah, dari 8 unit per hari pada Juni nanti akan menjadi 10 unit pada Desember 2012.

Untuk menjaga kualitas, BMW Jerman mengerahkan 12 tenaga ahlinya untuk memberi pelatihan kerja untuk merakit BMW di PT Gaya Motor.

Sementara itu, Helena Abidin, Public Relation (PR) Corporate BMW Indonesia mengatakan, tujuan BMW merakit X3 di Indonesia tak semata menurunkan harga jual.”Tujuan sebenarnya untuk memudah dealer memperoleh pasokan unit. Kalau diimpor utuh, butuh waktu lama. Di samping itu, ada beberapa fitur yang harus kita sesuaikan dengan permintaan konsumen Indonesia,” jelasnya.

SKD
BMW yang dirakit di Indonesia berasal dari impor unit dalam bentuk semi kknock down (CKD) dan bukan komponen terurai (CKD). Artinya bagian mobil diimpor dalam bentuk assy’ atau gelondongan.
 
Dijelaskan pula, kalau pun BMW mendapatkan keringanan pajak karena sudah merakit produknya di sini, untuk mengembalikannnya kepada konsumen, beberapa fitur ditambahkan. "BMW yang kita rakit di sini biasanya lebih lengkap dari yang diimpor utuh," beber Helena.
Saat ini BMW memasarkan dua varian X3 rakitan Indonesia, yaitu xDrive20d (diesel) dan xDrive20i (bensin), masing-masing dijual Rp 818 juta dan Rp 828 juta (off-the road) di Jakarta

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel BMW Rakit X3 di Indonesia ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Selasa, 08 Mei 2012 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan BMW Rakit X3 di Indonesia
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi