Titel Kedua Corinthians

Corinthians kini bergabung dengan delapan tim lain yang berhasil dua kali menjuarai Piala Dunia Antarklub. Sukses menundukkan Chelsea di final juga membuat Brasil menjadi negara tersukses di ajang tersebut.

Dalam final Piala Dunia Antarklub yang berlangsung Minggu (16/12/2012) malam WIB, Corinthians memetik kemenangan dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal dalam pertandingan tersebut dilesakkan Jose Paolo Guerrero pada menit 69.

Buat Corinthians ini merupakan kali kedua mereka jadi juara di Piala Dunia Antarklub, setelah yang pertama terjadi di tahun 2000 lalu. Kala itu mereka menang penalti 4-3 atas Vasco da Gama. 

Corinthians juga membuat Brasil menjadi negara tersukses di turnamen akhir tahun ini dengan total klub-klubnya telah meraih 10 gelar juara. Klub Brasil lainnya yang juga pernah merasakan gelar juara dunia adalah Sao Paulo (1992, 1993, 2005), Santos (1962, 1963), Gremio (1983) serta Flameno (1981) dan Internacional (2006).

Berikut data dan fakta seputar Chelsea vs Corinthians di final Piala Dunia Antarklub 2012, seperti dikutip dariInfostrada:

* Ini merupakan kali kedua Corinthians menjuarai Piala Dunia Antarklub. Pada tahun 2000 mereka jadi kampiun setelah mengalahkan klub asal Brasil lainnya Vasco da Gama melalui adu penalti.

* Termasuk saat masih bernama Piala Interkontinental, Brasil kini telah memenangi 10 titel melalui lima klub berbeda. Negara tersukses berikutnya adalah Argentina dan Italia yang telah sama-sama meraih sembilan titel. Sementara Inggris baru dua kali meraihnya (Manchester United 1999 & 2008).

* Kemenangan Corinthians membuat kedudukan antara Amerika Selatan (CONMEBOL) dan Eropa (UEFA) kini berimbang. Keduanya telah memenangi Piala Dunia Antarklub/Piala Interkontinental sebanyak 26 kali.

* Ini adalah kali pertama dalam enam tahun terakhir Amerika Selatan (CONMEBOL) kembali memenangi Piala Dunia Antarklub. Kemenangan terakhir mereka di ajang ini adalah di tahun 2006 saat Internacional menundukkan Barcelona dengan skor tipis 1-0.

* Selain dalam kurun 2007 sampai 2011, Eropa (UEFA) pernah menjuarai Piala Dunia Antarklub lima kali beruntun. Itu terjadi pada periode 1995 sampai 1999.

* Buat Rafael Benitez, Chelsea adalah klub ketiga yang dia besut di Piala Dunia Antarklub. Dua sebelumnya adalah Livepool (2005, kalah 0-1 dari Sao Paulo) dan Inter Milan (2010, menang 3-0 atas TP Mazembe).

* Lima hari setelah mengantar Inter Milan jadi juara, Rafael Benitez dipecat dari posisinya.

* Gary Cahill dapat kartu merah di menit 90. Kali terakhir wasit mengeluarkan kartu merah di final Piala Dunia Antarklub adalah untuk Nemanja Vidic di tahun 2008. Kala itu MU menundukkan LDU de Quito 1-0.


sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Titel Kedua Corinthians ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Senin, 17 Desember 2012 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Titel Kedua Corinthians
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi