Cara Merawat Rambut Berdasarkan Jenisnya

Mempunyai rambut yang lembut dan indah tentunya menjadi dambaan dan impian bagi kita semua terutama bagi kaum hawa. Karena rambut adalah mahkota kecantikan dan ketampanan kita. Tetapi bagaimana rasanya bila ternyata kita mendapati rambut yang kita idamkan rontok dan terasa kasar apabila dibelai dan juga ketombe yang berjatuhan saat kita memakai pakaian hitam. 

Apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi semua itu? Mungkin kadang kita merasa frustasi karena sudah berbagai cara telah kita lakukan, berbagai tips merawat rambaut telah kita coba, berbagai merek shampo yang paling mahal hingga yang termurah pun sudah pernah dibeli, bahkan salon-salon kecantikan terkemuka telah didatangi demi mendapatkan penampilan rambut yang sempurna. Namun hasilnya masih saja sama. 

Mungkin, setelah itu akan muncul fikiran bagaimana sih sebenarnya cara merawat rambut yang benar. Tips merawat rambut tentu akan berbeda-beda tergantung dengan kondisi rambut kamu. Manusia dianugrahi dengan setidaknya tiga jenis rambut yaitu lurus, bergelombang, dan keriting. Kondisi rambut pun bisa beragam diantaranya kasar, lembut, lepek, mengembang, tipis dan tebal sehingga cara merawat rambut akan berbeda-beda. Bila ingin menentukan tips merawat rambut yang tepat, tentunya kamu harus mengenal terlebih dahulu jenis apakah rambut yang dimiliki. 

Berikut beberapa jenis rambut dan cara perawatannya : 

1. Rambut kasar 
Jika kita memiliki jenis rambut yang kasar, untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan shampo yang mengandung kelapa dan susu. Kandungan lemak pada kedua bahan bersebut mampu melembutkan rambut kamu yang kasar. Jangan lupa untuk memakai conditioner sehabis keramas agar rambut semakin lembut. Untuk hasil maksimal, gunakan vitamin rambut yang efektif melembutkan rambut dan lakukan perawatan minimal satu kali dalam dua sampai empat minggu. 

2. Rambut kering 
Hampir sama denga rambut kasar, rambut kering perlu shampo yang mengandung susu dan kelapa. Selain melembutkan, kandungan lemak pada susu dan kelapa mampu melembapkan rambut. 

3. Rambut bercabang 
Penyebab rambut bercabang adalah keadaan ujung rambut yang sangat kering. Untuk mengatasinya dengan menggunakan kondosioner serta vitamin rambut. Ketika rambut bercabang, lakukanlah trim di salon kecantikan untuk menghilangkan ujung rambut, namun kita juga dapat melakukannya sendiri di rumah. 

4. Rambut lepek 
Rambut menjadi lepek karena kandungan minyak pada rambut sangat banyak. Untuk mengatasinya rambut yang lepek adalah dengan menggunakan shampo yang mengandung jeruk lemon atau jerus nipis, karena ekstrak jeruk lemon atau jeruk nipis dapat mengurangi produktivitas minyak dalam rambut. Berbeda dengan rambut yang kasar, rambut lepek tidak dianjurkan untuk memakai conditioner setelah berkeramas. 

5. Rambut berketombe 
Ketombe timbul karena kulit kepala kita kering dan biasanya menyebabkan rasa gatal pada kepala. Untuk mengatasi rambut yang berketombe adalah dengan menggunakan shampo khusus anti ketombe. Tetapi kita jangan terlalu sering menggunakan shampo anti ketombe, karena biasanya shampo tersebut mengandung bahan-bahan yang lebih eras dibanding shampo biasa. Jadi sebaiknya gunakan shampo anti ketombe secara berselang-seling dengan shampo biasa. 

Ada juga cara tradisional untuk mengatasi ketombe pada rambut, adalah dengan menggunakan buah mengkudu.  Caranya buah mengkudu dibuat jus kemudian oleskan ke kulit kepala hingga merata. Diamkan selama 15 menit kemudian bilaslah dengan air hangat. 

Demikianlah tips merawat rambut berdasarkan jenisnya, semoga bermanfaat.

sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cara Merawat Rambut Berdasarkan Jenisnya ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Sabtu, 16 November 2013 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cara Merawat Rambut Berdasarkan Jenisnya
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi