Penampakan Gerhana Matahari 'Hibrida' Langka

Beberapa hari lalu, muncul gerhana matahari hibrida yang bisa disaksikan di langit Amerika Serikat, Eropa serta Afrika. Foto penampakan gerhana tersebut muncul di jagad maya.

Dilansir Techeblog, Selasa (5/11/2013), gerhana matahari yang jarang terjadi ini muncul, menampilkan matahari yang sepenuhnya atau sebagian terhalang oleh bulan. Pertama kali gerhana matahari ini nongol di Amerika Serikat bagian selatan, kemudian bergerak ke timur menyebrangi Samudera Atlantik dan benua Afrika.

Menurut badan antariksa asal Amerika Serikat, NASA, gerhana matahari total terbesar terjadi di wilayah Samudera Atlantik. Gerhana matahari ini dinamakan hibrida, karena penampakan matahari yang tertutup bervariasi, tergantung dari daerah mana yang diamati oleh penduduk. 

Dalam pergerakan tersebut, gerhana matahari akan beralih antara gerhana annular (melingkar) dan gerhana matahari total. Seperti diketahui, gerhana matahari muncul ketika bulan lewat  di antara matahari dan Bumi.

Pada peristiwa gerhana matahari total, bulan berada pada jarak yang tepat untuk benar-benar seluruhnya menghalangi sinar matahari.

Pada gerhana matahari annular, penampakan diameter bulan baru lebih kecil daripada cincin matahari yang terlihat. Kabarnya, gerhana matahari total bisa bertahan selama 10 detik.

sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Penampakan Gerhana Matahari 'Hibrida' Langka ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Selasa, 05 November 2013 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Penampakan Gerhana Matahari 'Hibrida' Langka
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi