Film Animasi 2D Karya Indonesia 'Battle of Surabaya'

Dunia perfilman Indonesia kembali ramai dengan akan hadirnya film layar lebar animasi dua dimensi pertama besutan animator asli Indonesia, Battle of Surabaya. Film animasi garapan MSV Pictures ini mengadaptasikan cerita sejarah pertempuran antara pasukan Indonesia dan Pasukan Belanda di Surabaya pada 10 November 1945, yang sekarang dikenal sebagai Hari Pahlawan.

Menurut deskripsi film di laman Facebook, cerita diawali dengan visualisasi dahsyat tragedi pemboman kota Hiroshima di Jepang oleh sekutu yang menandakan menyerahnya Jepang pada saat itu. Langit Surabaya kemudian kembali memerah dengan peristiwa Insiden Bendera dan kedatangan sekutu yang ditumpangi Belanda. Kemudian muncul lagi gangguan oleh beberapa kelompok pemuda Kipas Hitam yang dilawan oleh Pemuda Republiken. Residen Sudirman, Gubernur Suryo, Pak Moestopo, Bung Tomo dan tokoh-tokoh lain membangkitkan semangat arek-arek Suroboyo & pemuda Indonesia untuk bangkit melawan penjajahan. 

Tokoh utamanya, Musa, dipercaya sebagai kurir surat dan kode-kode rahasia yang dikombinasikan dengan lagu-lagu keroncong dari Radio Pemberontakan Rakyat Indonesia yang didirikan Bung Tomo. Berbagai peristiwa dilalui Musa sebagai kurir, dari kehilangan harta hingga orang-orang yang dikasihi sebagai konsekuensi dari pekerjaannya yang mulia. 

Selain tokoh nyata, film yang disutradarai Aryanto Yuniawan ini juga mengangkat tokoh fiktif yang sengaja dibuat untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan di film tersebut. Meskipun belum diluncurkan, video teasr Film Battle of Surabaya ini telah mendapatkan sejumlah penghargaan nasional. Penghargaan-pernghargaan tersebut diantaranya adalah 'Winner INAICTA 2012 kategori Film Animasi oleh Kementerian Kominfo RI', '1st Winner INDIGO FELLOWSHIP 2012 oleh Telkom Indonesia', dan 'Nominasi Terunggul kategori Film Animasi ajang Apresiasi Film Indonesia (AFI) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI'. 

Menyampaikan pesan mendalam terhadap perjuangan para pahlawan, semngat cinta tanah air, dan perdamaian, film ini direncanakan tayang pada tahun 2014.

sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Film Animasi 2D Karya Indonesia 'Battle of Surabaya' ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Minggu, 10 November 2013 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Film Animasi 2D Karya Indonesia 'Battle of Surabaya'
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi