Tips Merawat Rantai Motor

Salah satu komponen motor yang paling rawan karat adalah rantai. Apalagi di negara tropis seperti Indonesia yang curah hujannya tinggi. Rantai motor yang kerap terkena air hujan atau genangan air akan mudah kotor dan berkarat.

Selain itu, rantai motor yang penuh dengan endapan pasir atau kotoran akan mudah kendur bahkan putus. Belum lagi suara berisik bisa ditimbulkan oleh rantai yang kendur dan kotor.

Maka dari itu, kondisi rantai harus terus dijaga. Bukan hanya kebersihannya saja, namun penyetelan rantai juga perlu diperhatikan. Berikut beberapa tips untuk merawat rantai motor Anda.

Yang pertama adalah cek setelan rantai. Pastikan rantai motor Anda tidak terlalu kencang ataupun terlalu kendur. Lalu cek juga kebersihan pin rantai sambungan motor Anda. Jika ada kotoran atau debu, lekas dibersihkan untuk menjaga keawetan rantai.

Untuk melumasi rantai jangan menggunakan pelumas bekas, sebaiknya gunakan pelumas khusus untuk rantai agar tetap awet. Waktu melumasi, masukkan motor di gigi dua untuk mempermudah saat melumuri pelumas.

Selanjutnya periksa juga kondisi gear motor Anda. Jika gear sudah terlihat gundul, segera ganti dengan yang baru. Pastikan juga kondisi rantai dan gear motor tidak miring sebelum Anda mulai menggunakan motor.

sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tips Merawat Rantai Motor ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Minggu, 10 November 2013 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tips Merawat Rantai Motor
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi