Sejarah Pegunungan Jayawijaya


Melihat dari sejarahnya, Pegunungan Jayawijaya memiliki historis yang cukup panjang. Jika kita kembali ke masa silam, kita akan menemukan Benua Pangea. Ini adalah satu-satunya benua yang ada di bumi sekitar 250 juta silam. Benua ini pecah menjadi 2 bagian, membentuk Benua Eurasia dan Laurasia. Kemudian Benua Eurasia pecah lagi membentuk Gonwana yang nantinya akan membentuk Afrika, India, Amerika Selatan, dan Australia. Tumbukan atara lempeng Indo-Australia dan lempeng Indo-Pasifik merupakan cikal bakal terbentuknya Pegunungan Jayawijaya. Jadi pegunungan ini tidak terbentuk secara instan, butuh waktu berjuta-juta tahun agar bentuknya seperti Pegunungan Jayawijaya yang kita kenal sekarang.

Mengetahui begitu panjangnya sejarah Objek Wisata Puncak Jayawijaya, kita harus melestarikannya baik-baik. Puncak Jayawijaya merupakan salah satu pegunungan bersalju yang ada di garis khatulistiwa. Jika diteropong dari atas, pegunungan ini terlihat seperti karpet hitam besar dengan hiasan berwarna putih di atasnya. Jumlah es di Puncak Jayawijaya diperkirakan 5 persen dari jumlah es dunia selain benua Antartika. Jika anda ingin melihat gletser, anda bisa datang ke tempat ini. Pegunungan Jayawijaya memiliki gletser bertipe Valley Glacier, yaitu mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. Jadi kemungkinan besar ada aliran sungai es di sekitar tempat ini. Nama populer Puncak Jayawijaya adalah Carstensz Pyramidea atau puncak Jaya. Carstensz merupakan seseorang berkebangsaan Belanda yang pertama kali menemukan tempat ini.

Hal lain yang membanggakan dari Puncak Jayawijaya adalah karena terdaftar dalam seven summit atau tujuh puncak benua. Itulah mengapa tempat ini cukup populer di kalangan pendaki dunia. Semua pendaki mulai dari amatir hingga profesional berlomba-lomba untuk menaklukkan Puncak Jayawijaya. Menaklukkan puncak gunung merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang pendaki. Apalagi kita bisa melihat momen langka yaitu salju abadi. Kapan lagi di Indonesia yang beriklim tropis kita bisa menemukan salju abadi.

sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Sejarah Pegunungan Jayawijaya ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Kamis, 11 Oktober 2012 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Sejarah Pegunungan Jayawijaya
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi