Robot yang Bisa Menulis Huruf Kanji


Sebuah robot yang pintar menulis huruf kanji telah berhasil dikembangkan oleh Profesor Seiichiro Katsura dari Universitas Keio. Robot yang memiliki kemampuan menulis huruf kanji ini mengusung nama Motion Capture System.

Kemajuan perkembangan jaman membuat komputer menjadi alat bantu dalam bekerja sehari-hari termasuk mengetik dokumen atau surat. Bagi orang Jepang atau China yang terbiasa menggunakan komputer akan merasa kesulitan jika harus menulis dalam huruf kanji. Seperti yang kita tahu, bentuk huruf kanji lebih rumit dibanding huruf alfabet yang biasa digunakan.

Bahkan orang Jepang sering mengeluh bahwa mengirim surat menggunakan email atau membuat dokumen dengan cara mengetik di komputer ini mengikis kemampuan mereka dalam menulis huruf kanji yang memiliki bentuk yang lebih kompleks.

Hal ini akan mengancam kelestarian budaya menulis huruf kanji atau menulis kaligrafi kanji. Profesor Seiichiro Katsura dari Universitas Keio telah mengembangkan robot Motion Capture System yang mampu menulis kaligrafi huruf kanji untuk melestarikan budaya tersebut.

Seperti yang dilansir dari CNET, robot Motion Capture System ini dapat menulis huruf kanji melalui teknologi master-slave motion capture dimana robot ini akan mengkopi gerakan untuk menulis sebuah karakter kanji tertentu.

“Kami telah mampu mengajarkan robot ini sehingga berhasil menyalin goresan kuas seorang master kaligrafi,” kata profesor Seiichiro Katsura.

Gerakan yang telah dikopi oleh robot Motion Capture System ini disimpan sebagai master dalam sistem. Kemampuan unik yang dimiliki oleh robot Motion Capture System juga memungkinkan untuk mengkopi gerakan pelukis atau penulis kaligrafi yang nantinya akan dapat ditirukan oleh robot ini. Anda penasaran? Simak video berikut.

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Robot yang Bisa Menulis Huruf Kanji ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Minggu, 14 Oktober 2012 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Robot yang Bisa Menulis Huruf Kanji
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi