Pesan Moral yang Ada Dalam Sebuah Game

Banyak sekali penelitian yang menyebutkan bahwa ada sisi bahaya yang lahir karena bermain game. Namun tidak sedikit pula yang mengatakan sebaliknya. 

Bagi mereka yang menolak anggapan bahwa bermain game hanya akan menimbulkan sisi negatif saja, mengatakan bahwa dengan bermain game, otak seorang anak akan terlatih untuk berpikir dan memutuskan sesuatu dengan cepat sampai dengan membantu perkembangan kordinasi mata-tangan anak.

Untuk itu, Mashable (16/10) mengangkat satu bahasan bahwa ada pelajaran berharga untuk hidup atau pesan moral yang dapat diambil dan ditunjukkan oleh sebuah game.

1. Tidak ada yang tidak mungkin - Final Fantasy VII
Dalam game Final Fantasy, para lakon harus berjuang mati-matian agar dapat menyelamatkan bumi dari Sephiroth. Walaupun terkadang harus mengulang beberapa kali, tidak sedikit dari gamer yang dapat menyelesaikan beberapa seri dari game Final Fantasy.

Dari penyelesaian permainan sampai akhir tersebut mengajarkan kita bahwa tidak ada yang tidak mungkin selama manusia mau berusaha. Bahkan harus jatuh bangun.

Manusia harus teguh dalam pendirian, tetap berdiri dan berjuang untuk alasan yang benar walaupun dengan risiko kematian.

2. Keteguhan hati adalah sebuah kunci utama - Legend of Zelda

Game berjudul Legend of Zelda ini tergolong dalam game yang sulit. Bahkan untuk dapat menyelesaikan game ini, seorang gamer membutuhkan setidaknya 3 hari penuh.

Pelajaran hidup yang dapat diangkat dari bermain game Legend of Zelda ini adalah apabila seorang manusia bertekad dan bersungguh-sungguh akan sesuatu, maka dia harus tetap teguh akan pendiriannya dan terus maju.

Menunda sesuatu akan menghasilkan hasil yang berbeda bahkan ada kalanya mendapatkan kegagalan. Suatu hasil tidak akan tercapai apabila tidak ada pengorbanan dan kerja keras yang harus dilalui.

3. Teamwork dapat membentuk sisi sosial yang lebih baik - Team Fortress 2

Memang ada kalanya bekerja secara sendiri atau independen dapat lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu, namun ada kalanya juga sebuah kerja tim atau teamwork dibutuhkan.

Dalam game berjudul Team Fortress 2 ini, dibutuhkan suatu kerja sama tim yang sangat kompak untuk meraih keberhasilannya.

Walaupun tidak jarang sebuah kerja tim akan membenturkan ego sampai dengan keyakinan pribadi, namun bagi orang-orang yang percaya bahwa teamwork dapat berhasil apabila semua yang ikut di dalamnya lebih mengedepankan kebersamaan maka sesuatu hasil yang bagus akan tercipta.

4. Tidak semua hal akan sesuai dengan apa yang diharapkan - Pac Man

Game Pac Man memang terlihat sederhana. Namun dari kesederhanaan tersebut kadang kalanya gamer juga harus berpikir terlebih dahulu sebelum bergerak.

Hal tersebut dikarenakan langkah yang diambil oleh hantu-hantu dalam game itu tidak dapat diprediksi. Ketika seorang memprediksi bahwa hantu akan bergerak ke kanan, ternyata dia bergerak ke kiri, atas atau juga bawah.

Oleh karenanya, dari game tersebut terdapat pesan moral bahwa tidak semua yang ada di dunia ini akan sesuai seperti yang diprediksi, diharapkan, diperkirakan dan dibayangkan.

Impian boleh diciptakan sebagai motivasi dan titik fokus dalam sesuatu, namun jangan terlalu berharap tinggi akan hasilnya, karena ketika tidak sesuai dengan apa yang diingikan, maka kekecewaan yang akan menghampiri.

sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pesan Moral yang Ada Dalam Sebuah Game ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Jumat, 18 Oktober 2013 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pesan Moral yang Ada Dalam Sebuah Game
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi