Google Akan Bangun DataCenter Terapung

Saking banyaknya pengguna internet yang mengakses Google memaksa raksasa internet satu ini untuk membangun data center di berbagai belahan dunia. Namun, tidak cukup di situ, Google juga berencana membuat datacenter yang bisa mengapung.

Seperti yang dilansir oleh Mashable (25/10), rencana ini akan dilakukan di lepas pantai San Francisco, California. Disebutkan oleh Cnet, Google dikabarkan tengah membangun gedung misterius dengan nama Building 3 di atas perairan tersebut.

Gedung ini dikabarkan dibangun dengan empat lantai. para ahli menduga bahwa gedung tersebut memang merupakan datacenter terapung.

Pada 2008 sendiri Google mengajukan paten untuk memasukkan datacenter dalam sebuah kapal laut yang digerakkan dengan tenaga arus air laut. Teknologi yang memanfaatkan suhu air untuk mendinginkan server tersebut akhirnya disetujui pada 2009.

Memang, selama ini sumber tenaga dan temperatur merupakan masalah tersendiri untuk pemeliharaan datacenter. Dalam beberapa tahun terakhir misalnya, datacenter di Amerika Serikat saja menghabiskan listrik nasional sebanyak 2 persen.

Dengan membangun datacenter di atas lautan, maka Google bisa memotong biaya pemeliharaan yang tergolong besar tersebut. Selain itu, dengan membuat datacenter ini berarti Google makin jauh dari intervensi pemerintah Amerika Serikat.

SUMBER

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Google Akan Bangun DataCenter Terapung ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Sabtu, 26 Oktober 2013 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Google Akan Bangun DataCenter Terapung
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi