5 Mitos Tentang Minyak Kuyang dari Kalimantan


Banyak ilmu yang bisa digunakan untuk kemaslahatan manusia namun bagi beberapa golongan, ilmu tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi dan dengan tujuan menyakiti orang lain; yang lebih dikenal sebagai ilmu hitam.
Di Indonesia, ilmu hitam yang terkenal yaitu ilmu santet, pelet, pelaris dagangan, uang gaib, dan lain lain. Salah satu ilmu hitam dari Kalimantan yaitu minyak kuyang atau Kawiyang ini sangat terkenal di daerah Borneo tersebut. Berikut kami rangkum 5  mitos tentang Minyak Kuyang tersebut, sebagai berikut :

1. Gunung Kinabalu

Minyak Kawiyang ini dangat terkenal di wilayah Kalimantan dikarenakan kekuatannya untuk media ilmu hitam. Menurut masyarakat, tiap daerah di Kalimantan membuat minyak Kuyang tersendiri, namun yang terkenal yaitu minyak Kuyang atau Kawiyang yang berasal dari pegunungan Kinabalu, daerah pedalaman Kalimantan Utara.

2. Empat Janda Cantik

Konon asal-usul minyak kawiyang ini berawal dari cerita tentang 4 orang janda yang cantik yang bernama Camariah, Dandaniah, Tambuniah, dan Uraniah. Mereka semakin tua malah semakin cantik, akan tetapi rumah tangga mereka tidak pernah langgeng. Setiap kali mereka dinikahi, tak berapa lama bercerai.
Ketika keempat janda tersebut akan meninggal, para mantan suaminya diberikan sebuah minyak sebagai kenang-kenangan dan dipercaya minyak tersebut memiliki khasiat tertentu.

3. Lima Warna

Minyak Kawiyang dipercaya memiliki 5 warna dan khasiat yang berbeda-beda. Minyak yang berwarna hitam memliki khasiat ilmu kebal, minyak berwarna merah memiliki khasiat ilmu meringankan tubuh, minyak berwarna hijau berkhasiat dapat mengirimkan santet kepada orang lain, minyak berwarna kuning memiliki khasiat ilmu pelet, dan minyak berwarna putih berkhasiat untuk ilmu pelaris atau mendatangkan uang.

4. Wanita

Minyak Kuyang ini banyak dipelajari oleh kaum wanita di daerah Kalimantan.  Biasanya minyak Kuyang ini digunakan untuk ilmu hitam dan menyantet orang lain. Menurut masyarakat, ada ciri-ciri dari wanita yang melakukan ilmu hitam ini yaitu pada siang hari mereka melilitkan selendang di lehernya agar bekas olesan minyak kawiyang tersebut tidak terlihat oleh orang lain.
Namun dipercaya wanita yang memiliki minyak Kuyang ini sangat takut dengan bau bawang merah ataupun bawang putih. Sehingga sangat mudah untuk mengetahui seorang wanita mempunyai ilmu hitam tersebut atau tidak.

5. Sesaji

Menurut masyarakat, untuk memiliki minyak Kuyang ini harus memiliki persyaratan, salah satunya yaitu sesaji setiap tahunnya untuk minyak yang digunakannya. Minyak berwarna hitam harus disediakan darah ayam hitam dan nasi ketan, minyak berwarna merah dan hijau harus disediakan darah dari jari manis manusia dan air tebu merah, minyak berwarna putih dan kuning biasanya meminta serbuk emas sebagai sesajinya.
Minyak kuyang ini tidak boleh diletakkan sembarangan, ruangannya harus tidak ada cermin atau kaca. Minyak Kawiyang juga biasa ditempatkan pada sebuah guci kecil atau dinamakan cupu. Cupu yang digunakan harus berusia puluhan tahun atau biasa diistilahkan cupu retak seribu.





Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 5 Mitos Tentang Minyak Kuyang dari Kalimantan ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Kamis, 14 Maret 2013 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan 5 Mitos Tentang Minyak Kuyang dari Kalimantan
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi