5 Hiu Langka di Dunia


Ikan hiu adalah kelompok ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap dan bertubuh ramping, merupakan superordo dari Selachimorpha. Ikan hiu bernafas dengan menggunakan lima, enam hingga tujuh insang, bergantung pada jenisnya. Sobat unik keberadaan hiu di bumi semakin berkurang jumlahnya akibat perburuan, polusi air laut dan akibat perubahan iklim laut. Berikut uniknya.com merangkum 5 Hiu langka di dunia:

1. Goblin Shark
 
Hiu goblin termasuk jenis hewan yang diperkirakan telah ada sejak zaman prasejarah, hal ini dilihat dari bentuk tubuhnya yang tidak berubah (primitive) selama jutaan tahun. Predator laut yang memiliki nama ilmiah Mitsukurina owstoni, memiliki cirri unik yang membedakan dengan hiu lainnya. Selain warna tubuhnya yang merah muda dan panjang, kepala hiu goblin memiliki tonjolan panjang yang keluar dari bagian dahi. Hiu purba dan langka yang dianggap punah ini mampu tumbuh hingga 3,3 meter dengan berat 159 Kg. Umumnya Hiu goblin hidup lebih 200 meter di bawah permukaan laut. Mereka dapat ditemukan di perairan seluruh dunia, mulai dari Australia hingga teluk meksiko. Hiu langka ini kali pertama 1898, di Sagami dekat Yokohama, Jepang.

2. Thresher Shark
 
Sobat unik hiu langka yang popular dengan nama Thresher shark ini umumnya hidup diperairan hangat dan beriklim tropis. Namun terkadang mereka menjelajahi perairan di kedalaman 500 meter di bawah permukaan laut. Terdapat tiga spesies hiu langka yang masuk ke dalam family Alopias, yakni alopias peagicus, alopias supercilious dan alopias vulpinus. Alopius sendiri berasal dari bahasa Yunani, alopex, yang berarti rubah. Nama tersebut digunakan karena bentuk hiu langka ini menyerupai rubah.
Hiu yang telah telah dinyatakan langka dan dilindungi oleh World Conservation Union (IUCN), memiliki panjang tubuh yang mampu mencapai 6 meter. Seluruh bagian badan yang dimiliki oleh hiu langka ini mampu digunakan untuk membunuh mangsanya, mulai dari gigi hingga ekor. Kerap kali hiu trhesher ini membunuh mangsanya dengan cara mencambukkan ekor kepada mangsanya.

3. Frilled Shark
 
Sobat unik hiu langka yang satu ini hidup di kedalaman ribuan meter di bawah permukaan laut, karenanya jarang sekali ia terlihat muncul di permukaan. Satu yang unik dari frilled shark ini memiliki bentuk gigi aneh dan tubuh yang panjang.  Hiu langka berjumbai yang memiliki nama ilmiah Chlamydoselachus anguineus merupakan dua dari tiga dari Chlamyselachide yang masih ada. Pertama kali ditemukan di perairan Jepang pada Abad ke-19, dan pada 21 Januari 2007 lalu frilled shark langka kembali ditemukan di lepas Pantai Jepang, dekat Awashima Marine Park, Shizuoka, Barat Daya Tokyo.
Hiu langka ini memiliki tubuh yang panjangnya mampu mencapai 2 meter, berwarna cokelat gelap, tubuh seperti belut dan sirip yang panjang mulai dari punggung hingga panggul. Hiu langka ini menangkap mangsa dengan cara yang unik, yakni menerjang dan memakan mangsanya bulat-bulat dengan giginya yang rapat. Hiu langka berjumbai ini memiliki tingkat reproduksi yang lemah, sehingga IUCN memasukkannya ke kategori langka dan hampir punah.

4. Hammerhead Shark/Hiu Martil
Nah sobat unik hiu yang satu ini mudah dikenali, sesuai dengan namanya bentuk kepalanya pun menyerupai martil. Meskipun demikian hiu langka jenis hammerhead termasuk pendatang terbaru di dunia hiu. Dikabarkan tubuh mereka merupakan hasil evolusi yang telah berlangsung selama 50 juta tahun lalu, menurut prediksi para ahli bentuk kepalanya yang menyerupai martil adalah untuk membantu sensor indra penciuman dalam mendapatkan mangsa.
Hiu langka yang satu ini memiliki tubuh yang panjangnya mampu mencapai 2 hingga 6 meter, dengan berat antara 300 hingga 580 Kilogram. Uniknya mata dan lubang hidung hiu martil ini berada di ujung kepala. Habitat mereka berada di perairang hangat sepanjang garis pantai dan paparan benua tropis. Hiu martil adalah ikan hiu langka yang hidupnya berkelompok, meskipun mereka berenang di siang hari namun untuk mencari makanan mereka melakukannya di malam hari. Dan masalah makanan mereka melakukannya secara sendiri (soliter) tidak berkelompok.

5. Spined Pygmy Shark (Ikan Hiu Dengan Tulang Belakang Terkecil)
 
Hiu langka dengan nama ilmiah Squalious laticaudus hanya memiliki panjang maksimum 28 cm atau sekitar 11 Inci. Hiu Spined Pygmy merupakan hiu terkecil di antara jenis hiu lainnya, tubuh hiu langka spined pygmy ramping seperti cerutu dengan moncong kerucut cukup besar, sirip panjang dengan sirip ekor yang nyaris simetris. Warna tubuh hiu spinned pygmy biasanya berwarna cokelat tua hingga hitam, dan jangan aneh jika hiu langka yang satu ini memiliki bioluminescent photophore di bagian tengah, karena ia adalah kerabat dekat hiu lentera. Cahaya tersebut mereka guakan untuk menyamarkan diri dari para predator dan mangsanya.
Hiu langka dan unik ini kali pertama ditemukan oleh anggota Komisi US Fish Steamer Albatros ketika melakukan ekspedisi di Filipina antara tahun 1907 dan 1910. Namun meski demikian hiu spined pygmy dapat ditemukan di seluruh samudera di dunia. Mereka berenang jauh di kedalaman  200 meter di bawah permukaan laut di siang hari dan menuju ke dalaman 200 meter di malam hari untuk berburu mangsa.





Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 5 Hiu Langka di Dunia ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Senin, 18 Maret 2013 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan 5 Hiu Langka di Dunia
 

0 komentar :

Poskan Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi