Anti Air dan Tahan Air Sebenarnya Berbeda..??

"Anti Air" (Water Proof) dan "Tahan Air" (Water Resistant) apakah memiliki makna yang sama? CEO Archos Loic Poirier menilai jika anti air dan tahan air memiliki makna yang sama. Tapi dia keliru. Poirier tengah memamerkan ponsel produsi terbarunya – Quechua – yang diiklankan untuk para penggemar lintas alam serta pengendara sepeda gunung di Prancis. Dia menjatuhkan ponsel ini ke lantai. Tidak masalah! Kemudian dengan kamera merekam tindakannya, dia menemukan wadah gelas. Dia memasukkan ponsel ini dan mulai mengisinya dengan air. 

Ponsel ini memiliki rating IP54 serta diiklankan dirancang untuk 'tahan dengan berbagai kondisi di alam terbuka'. Ketika Poirier menyalakan ponsel itu saat masih terendam air, tidak ada respon. Dia menarik ponsel keluar dari wadah tersebut, air berjatuhan dari layar, tapi tetap tidak menyala. Video kemudian dimatikan. Apa yang terjadi? Secara sederhana dapat dikatakan bahwa IP54 tidak berarti 'anti air'. 

Archos sebenarnya tahu bahwa Quechua tidak 'anti air' (water proof). Meskipun demikian ponsel ini diumumkan sebagai sebuah perangkat 'anti air'. Website Quechua menyatakan, "Ponsel Quechua 5 dilengkapi dengan standar IP54, dikembangkan untuk bertahan pada kondisi lingkungan luar yang paling ekstrim. Dirancang untuk bertahan dari percikan air dari segala arah serta efek debu dan pasir yang membahayakan." 

Sebenarnya, hampir tidak ada ponsel yang 'tahan air' (Water proof). Banyak perangkat mengindikasikan tingkat 'tahan air' (water resistant) dalam tingkatan tertentu. Misalnya Pebble smartwatch, memiliki kemampuan tahan air hingga 5 ATM -  50 meter di bawah permukaan air. Perangkat dengan rating 5 ATM dapat dibawa mandi atau berenang di perairan dangkal. 

Ada standar lain yang lebih menyeluruh dibandingkan satuan 'atmosfir' (ATM), namun ini tidak mudah untuk dipahami, yaitu menggunakan klasifikasi kode IP. Contoh dari perangkat semacam ini adalah Sony Xperia Z Ultra yang memiliki rating IP58 yang menunjukkan bahwa perangkat ini 'tahan debu' dan 'tahan air'. Menurut Sony (bukan standar IP tersebut), Z Ultra dapat dibenamkan di air tawar sedalam 1,5 meter selama 30 menit – sesuatu yang diharapkan Poirier agar bisa dilakukan ponselnya. Namun seperti yang sudah disinggung di atas, ponselnya memiliki rating IP54 dan Sony IP58, jadi kita tidak dapat menyalahkan kebingungan Poirier. Bukankah selisih keduanya hanya 4 poin? 

Untuk memahami masalah IP ini, sebenarnya ini bukan urutan nilai. Angka pertama (misalnya IP58, yang dimaksud angka '5') mengindikasikan ketahanan terhadap objek asing yang membentur layar.  

0 = tidak ada perlindungan atas kontak dan goresan objek 
1 = tahan terhadap benturan benda berdiameter 50 mm, misalnya punggung tangan. 
2 = tahan terhadap benturan benda lebih besar dari 12,5 mm (makin kecil menunjukkan makin runcing) – contohnya, jari 
3 = lebih runcing dari 2,5 mm; perlindungan terhadap sudut perangkat, kabel tebal, dan objek lain berukuran sama 
4 = lebih runcing dari 1 mm; perlindungan terhadap ujung kabel, obeng, dan objek lain dengan ukuran serupa 5 = perlindungan terhadap debu; namun dalam jumlah besar, debu masih mungkin masuk 
6 = tidak ada debu bisa masuk 

Angka kedua (misalnya IP58, yang dimaksud angka '8') mengindikasikan ketahanan terhadap air. 
1 = tidak ada perlindungan 
2 = jatuh vertikal di air 
3 = air jatuh dengan sudut lebih dari 600 secara vertikal (percikan air) 
4 = percikan air ke seluruh permukaan 
5 = terlindung dari semprotan air ke segala arah dengan tekanan yang tidak melukai 
6 = air yang disemprotkan ke arah permukaan tertentu benda yang tidak melukai (tidak jatuh vertikal) 
7 = jumlah air yang memungkinkan benda tenggelam 
8 = perangkat bisa tahan berada di dalam air. 
9K = terlindung dari semprotan keras yang memungkinkan melukai (misalnya semprotan selang air dengan tenaga pompa) 

Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan: Quechua terlindung terhadap debu, tidak dalam jumlah besar dan percikan air di atasnya; Xperia Z Ultra terlindung atas debu dan dapat dibenamkan ke dalam air. Poirier yang malang kurang pengetahuan tentang hal ini.

sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Anti Air dan Tahan Air Sebenarnya Berbeda..?? ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Sabtu, 15 Maret 2014 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Anti Air dan Tahan Air Sebenarnya Berbeda..??
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi