Inilah Video Bagaimana iPad Dirakit

Isu eksploitasi para pekerja pabrik Foxconn, yang merupakan pemanfaktur produk Apple, menarik perhatian banyak wartawan untuk meliputnya. Namun, tak semua wartawan diberi kesempatan masuk ke pabrik Foxconn.

Rob Schmitz dari stasiun radio publik Amerika, Marketplace, menjadi salah seorang wartawan yang beruntung karena diberi kesempatan meliput dan masuk ke lini produksi iPad dalam pabrik Foxconn di kota Shenzhen, China.

Selama kunjungan, Schmitz memanfaatkan kesempatan itu dengan merekam video aktivitas para pekerja yang merakit tablet iPad dari Apple. Bukan hanya aktivitas para pekerja di luar pabrik, namun juga di dalam pabrik. 

Kepala Biro Marketplace di Shanghai itu berhasil merekam bagaimana hardware-hardware iPad dipasangkan, seperti motherboard, layar sentuh LED, sampai uji coba apakah iPad menyala dengan sempurna atau tidak.

Video yang diunggah ke YouTube pada Rabu (11/4/2012) itu juga menyajikan pemandangan bagaimana pekerja Foxconn berolahraga usai bekerja pada sore hari. Kebanyakan pekerja Foxconn, tinggal di asrama yang telah disediakan perusahaan asal Taiwan itu.

Meski sangat singkat durasinya dan tak bisa menggambarkan keseluruhan proses perakitan iPad, namun setidaknya berhasil mengungkap fakta bahwa iPad tak sepenuhnya dirakit oleh manusia. 

Selain itu, Foxconn yang digambarkan "sangat kejam" ternyata masih menyediakan fasilitas olahraga untuk karyawannya.



Ini Link Videonya
sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Inilah Video Bagaimana iPad Dirakit ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Jumat, 13 April 2012 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Inilah Video Bagaimana iPad Dirakit
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi