Dentuman Sonik Typhoon Kejutkan Warga Inggris


Sebagian warga Inggris terkejut dan bingung, Kamis (12/4/2012), setelah sebuah dentuman keras terdengar di udara hampir di seluruh wilayah selatan. Belakangan ketahuan, suara tersebut adalah dentuman sonik sebuah pesawat tempur Eurofighter Typhoon.

Kantor polisi dan dinas pemadam kebakaran di kawasan West Midlands dibanjiri penelepon setelah dentuman keras terdengar beberapa saat lewat pukul 18.00. Twitter pun dibanjiri berbagai spekulasi tentang penyebab suara tersebut. Polisi kemudian mengirim petugas untuk mencari sumber suara ledakan itu, tetapi tidak menemukan apa pun.

Belakangan, Kementerian Pertahanan Inggris mengeluarkan pernyataan bahwa suara tersebut berasal dari pesawat Typhoon yang melesat dengan kecepatan di atas kecepatan suara sehingga menimbulkan dentuman sonik. Pesawat tersebut diizinkan terbang dengan kecepatan supersonik setelah pihak berwenang menangkap sinyal darurat dari sebuah helikopter sipil.

Dua pesawat Typhoon dikerahkan untuk mengecek sumber sinyal darurat tersebut, tetapi hanya satu pesawat yang menimbulkan dentuman sonik. Setelah diselidiki, ternyata sinyal darurat itu terkirim tak sengaja setelah pilot helikopter salah menekan tombol frekuensi darurat.

"Tak ada apa pun terhadap pesawat sipil itu," tutur Kementerian Pertahanan Inggris.

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Dentuman Sonik Typhoon Kejutkan Warga Inggris ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Sabtu, 14 April 2012 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Dentuman Sonik Typhoon Kejutkan Warga Inggris
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi