Artifak Dewa Matahari Ditemukan di Israel

Scarab atau potongan permata mirip kumbang yang berasal dari Mesir abad 13 sebelum masehi ditemukan di Jerusalem. Pada artifak kuno tersebut terukir nama dewa Matahari Amon-Ra, salah satu dewa paling penting dalam kepercayaan Mesir kuno.

Diwartakan Israel Hayom, Minggu (8/4/2012), para peneliti menemukannya dalam penggalian benda-benda purbakala yang disponsori Israel Antiquities Authority di City of David National Park. Sedangkan abad 13 sebelum masehi yang merupakan asal scarab tersebut, diperkirakan sebagai masa terjadinya eksodus besar-besaran di Mesir.

Scarab itu berukuran sekira satu setengah centimeter panjangnya dan berfungsi sebagai stempel dokumen. Selain itu diketahui artifak kuno tersebut terbuat dari batu lembut berwarna abu-abu serta memiliki gambar bebek.

Scarab tersebut juga diketahui berasal dari periode dinasti Mesir ke 19 yang terkenal dengan penaklukan militernya di Kanaan.

"Ini pertama kalinya kami menemukan scarab jenis ini di City of David," ujar arkeolog Eli Shukrun yang memimpin penggalian tersebut bersama dengan Joe Uziel.

"Stempel ini berasal dari zaman perunggu akhir. Pada masa itu, Israel berada di bawah kepemimpinan Mesir. Rasanya menarik dan menggairahkan bisa menemukan artifak seunik ini, selain itu juga bisa memberikan sedikit petunjuk tentang Jerusalem di masa itu," tambahnya.



sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Artifak Dewa Matahari Ditemukan di Israel ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Senin, 09 April 2012 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Artifak Dewa Matahari Ditemukan di Israel
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi