Fenomena Alam ini Hebohkan Warga Manado

Sejak dua hari belakangan, mulai Senin hingga Selasa (2/9/2014), warga Manado dihebohkan dengan fenomena alam berupa penampakan matahari yang terlihat mempunyai cincin raksasa yang melingkarinya.

"Kemarin siang juga begini, ini siang muncul lagi, ada apa ya dengan gejala ini," ujar Robby, warga Tateli, Minahasa sambil menengadahkan pandangannya ke langit.

Bentuk penampakan matahari yang tidak seperti biasanya itu bukan hanya bisa dilihat dari Manado, tetapi juga dari berbagai wiayah di Sulawesi Utara. Sontak saja, fenomena tersebut meramaikan status jejaring sosial warga. 

Banyak yang kemudian mengabadikan hal itu dan mengunggah ke akun jejaring sosial mereka. "Sepertinya tak biasa matahari seperti ini. Apakah ini gerhana atau mungkin ada penjelasan lain tentang fenomena alam ini? Menakutkan. Tak tahan melihat lama-lama," tulis Fine Wolojan di akun Facebooknya. 

Walau secara ilmiah fenomena matahari bercincin tersebut merupakan hal biasa, namun penampakannya yang tak lazim membuat sebagian warga tetap bertanya-tanya. "Mudah-mudahan tidak ada pertanda buruk," kata Handa, warga Tuminting, Manado. 

Secara ilmiah, fenomena tersebut disebut effect Halo. Halo yang berbentuk lingkaran dan berwarna pelangi bukan hanya terjadi pada matahari tapi bisa juga terjadi pada bulan. Salah satu penyebab terjadinya effect tersebut karena adanya kristel es dalam awan sirus sejuk pada ketinggian 5-10 kilometer di lapisan troposfera atas. 

Dalam beberapa hari terakhir, wilayah Manado dan sekitarnya memang sering turun hujan dalam intensitas yang tinggi.

sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Fenomena Alam ini Hebohkan Warga Manado ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Selasa, 02 September 2014 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Fenomena Alam ini Hebohkan Warga Manado
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi