Laut Kaspia, Danau Air Asin Terbesar di Dunia

Tahukah Anda bahwa Caspian Sea (atau Laut Kaspia) adalah danau air asin terbesar di Asia dan juga di dunia?. Memiliki kedalaman hingga 946 meter, panjang danau air asin ini mencapai 1.030 km dan menduduki area seluas 371.000 km persegi. Kenapa danau ini disebut laut?.

Menurut kabar yang beredar belakangan ini, hal itu dikarenakan masyarakat kuno yang mendiami wilayah danau air asin terbesar didunia tersebut awalnya mengira danau air asin ini adalah lautan. Selain karena rasa airnya yang asin, wilayah Laut Kaspia sangatlah luas sehingga tak tampak seperti danau.

Kata Caspian sendiri berasal dari nama Caspi, masyarakat kuno yang tinggal di sebelah barat daya di Transkaukasia. Sementara itu, pada zaman klasik Yunani dan Persia, danau air asin terbesar didunia ini disebut Samudera Hyrcanian. Namun kadang-kadang di Iran, Laut Kaspia juga disebut sebagai Darya-i Xazar, dan di negara-negara yang berbahasa Turki, itu dikenal sebagai Laut Khazar.

Menariknya, Danau air asin terbesar didunia ini memiliki karakteristik umum dari laut dan danau. Namun seperti kekayaan alam lain yang ada di muka bumi, berbagai pulau di Laut Kaspia telah mengalami kerusakan lingkungan yang parah akibat produksi minyak. Jika kerusakan itu terus terjadi, bukan tak mungkin anak cucu kita cuma bisa melihat Laut Kaspia dari gambar saja.

sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Laut Kaspia, Danau Air Asin Terbesar di Dunia ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Sabtu, 22 Februari 2014 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Laut Kaspia, Danau Air Asin Terbesar di Dunia
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi