All-New Focus Akan Segera Hadir Di Indonesia



Ford Motor Indonesia (FMI) memastikan mulai menjual All-New Focus September mendatang. Varian yang ditawarkan yaitu hatchback dan sedan 2.0 liter. "Kita hanya menjual 2 dari 6 varian yang dibuat di Thailand," jelas Bagus Susanto, Managing Director FMI, di sela-sela acara Deep Dive Ford Focus, di Krabi, Thailand kemarin (9/7). Keduanya merupakan varian tertinggi dengan fitur terlengkap dan baru di kelasnya.
Fitur baruEmpat  fitur terbaru yang menjadi daya tarik adalah SYNC, Active City Stop, Active Park Assist danBlind Spot Information System. "Tak perlu membeli mobil kelas premium untuk mendapatkan  fitur tersebut. Kita menghadirkannya di segmen C," lanjut Bagus. Untuk SYNC, Ford menggandeng Microsoft.  SYNC adaslah pengembangan  teknologi perintah suara (voice command)  yang sudah ditanamkan pada Fiesta.
Kelebihan SYNC, bisa membaca pesan singkat (SMS). Kendati tersedia dalam 19 bahasa, namun untuk ASEAN yang bisa dibaca hanya bahasa Inggris. "SYNC juga bisa di-up-grade melaluiwww.fordsync.com. Caranya diunduh dan simpan di USB. Setelah itu,  colokkan USB ke konektor di mobil," ulas Rod Phillips, SYNC Engineering Manager, Ford Asia Pacific and Africa, usai acara Deep Dive.
Fitur menarik lain adalah active city stop, mencegah terjadinya tabrakan dengan mobil di depan pada kecepatan rendah (maksimal 30 kpj). Juga ada active park assist, membantu penggemudi memarkir Focus melalui sensor ultrasonik. Pengemudi hanya bertugas mengatur kecepatan (mengontrol pedal gas)  dan rem serta memindahkan posisi gigi (maju/mundur). Setir akan menyesuaikan posisinya untuk masuk ke lahan parkir yang tersedia. Fitur ini hanya bisa digunakan untuk parkir paralel.
Tak kalah menarik adalah sistem blind spot information yang membantu mendeteksi mobil lain di area tak terlihat (blind spot). Caranya,  informasi berpa bulatan yang muncul pada spion berupa nyala oranye dan hanya digunakan pada model sedan. 
Mesin 
Ford menyediakan 2 pilihan mesin  1.6 dan 2.0 liter. Namun FMI hanya memilih mesin Duratec 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 170 PS dan torsi 202 Nm. Untuk mesin digunakan  katup variabel ganda bernama Ti-VCT,diklaim mampu menghasilkan performa mantap dan konsumsi bahan bakar yang irit. 
"Kami juga membawa teknologi  mesin diesel,  yaitu injeksi langsung atau Gasoline Direct injection(GDi). Teknologi ini berkontribusi besar  untuk mengirit bahan bakar dan driveability," papar Jon Buttress, C-cars Segment Chief, Ford Asia Pasific and Africa, usai memberikan pengarahan Deep Dive. Berdasarkan hasil pada tes, konsumsi bahan bakar Focus 14,9 kpl.
Focus yang akan dijual di Indonesia hanya transmisi otomatik - disebut  powershift -  6 percepatan, sama dengan sebelumnya, dikawinkan dengan kopling ganda (dual clutch).

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel All-New Focus Akan Segera Hadir Di Indonesia ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Rabu, 11 Juli 2012 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan All-New Focus Akan Segera Hadir Di Indonesia
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi