1938: Mallard Pecahkan Rekor



MALLARD ialah lokomotif uap pemecah rekor kecepatan dunia, yakni 203 kilometer per jam. Rekor tersebut diraih ketika ia ada di wilayah Stoke Bank antara Little Bytham dan Essendine, Inggris. Daerah itu memiliki kontur yang sedikit miring. Prestasi yang diraih Mallard mematahkan rekor sebelumnya yang dibuat lokomotif asal Jerman (DRG Class 05) dengan catatan kecepatan 200,4 kilometer per jam.
Tidak lama setelah rekor terpecahkan, Mallard mengalami masalah dan harus dikemudikan kembali ke Doncaster untuk perbaikan. Ternyata bagian dalam silinder dari mesin A4 bekerja dengan beban lebih berat ketimbang silinder bagian luar sehingga mesin kepanasan.
Perancang Mallard ialah Sir Nigel Gresley. Rekor yang diukir Mallard konon belum terpecahkan oleh lokomotif uap lainnya. Kendati demikian, banyak rumor mengisahkan betapa rekor tersebut sebenarnya sudah terlampaui, sayangnya tidak terdokumentasi dengan baik. Masa operasional Mallard berakhir pada 1963 dengan jangkauan jarak sejauh 2,4 juta kilometer.


sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 1938: Mallard Pecahkan Rekor ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Selasa, 03 Juli 2012 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan 1938: Mallard Pecahkan Rekor
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi