Institut Asuransi Keselamatan Jalan Raya (IIHS) di Amerika Utara memberikan predikat teraman, Top Safety Pick, pada Lexus GS 2013. Prestasi ini merupakan yang ketiga diperoleh setelah melakukan serangkaian uji tabrak depan, samping, belakang serta tes terguling (roll over).
Sejak 2010, kriteria teraman dari IIHS semakin sulit. Pasalnya setiap model harus menjalani tes kekuatan atap dengan cara menekan pelat pada salah satu sudut sampai remuk sedalam 5 inci. Hasil yang diperoleh dibandingkan dengan berat kendaraan. Tujuannya untuk mendapatkan perbandingan antara berat dan kekuatan atap dengan nilai minimal 4.0. Sementara Lexus GS 2013 meraih nilai 4.88 dan berhak memperoleh predikat "Bagus".
Prestasi tersebut tak lepas dari peran perangkat keselamatan aktif, antara lain active cruise control yang mengadopsi peringatan pra-kecelakaan. Peranti ini memberikan tanda ketika jarak mobil depan semakin dekat dan secara otomatis memerintahkan rem untuk bekerja untuk mengurangi kecepatan.
Lainnya adalah lane departure warning, isyarat adanya mobil di samping dalam blind spot sat ingin berpindah jalur dan head up display untuk membantu pengemudi mengetahui kecepatan pada kaca depan tanpa harus mengalihkan pandangan dari jalan. Juga ada night vision untuk membantu penglihatan pengemudi di saat gelap melalui infra merah.
Lainnya adalah lane departure warning, isyarat adanya mobil di samping dalam blind spot sat ingin berpindah jalur dan head up display untuk membantu pengemudi mengetahui kecepatan pada kaca depan tanpa harus mengalihkan pandangan dari jalan. Juga ada night vision untuk membantu penglihatan pengemudi di saat gelap melalui infra merah.
0 komentar :
Posting Komentar