"Bidan" Bali itu Dinobatkan Jadi CNN Hero of the Year


Robin Lim

Robin Lim, seorang perempuan Amerika yang membantu ribuan perempuan miskin Indonesia untuk menjalani proses kehamilan dan kelahiran yang sehat, dinobatkan sebagai 2011 CNN Hero of the Year, Minggu (11/12/2011).

Melalui klinik kesehatan Yayasan Bumi Sehat yang didirikannya pada 1995, perempuan yang biasa dipanggil "Ibu Robin" itu menawarkan perawatan prakelahiran, proses kelahiran dan bantuan medis secara gratis di Indonesia.

"Setiap napas pertama bayi di Bumi adalah kedamaian dan kasih. Setiap ibu seharusnya sehat dan kuat. Setiap kelahiran harus aman dan penuh kasih. Tetapi dunia kita belum sampai ke sana," kata Lim, dalam malam penghargaan CNN Heroes yang digelar di Shrine Auditorium di Los Angeles, Amerika Serikat.

Banyak perempuan di negara-negara berkembang belum mendapat akses kontrasepsi ataupun perawatan medis. Menurut United Nasions Population Fund, tiga dari lima perempuan di Asia Selatan melahirkan tanpa pendampingan dari tenaga terampil.

"Situasinya buruk... bayi-bayi tidak terjaga, kelahiran dikomersialisasikan dan ibu-ibu meninggal karena mengalami pendarahan pascakelahiran karena mereka tidak mampu mendapatkan perawatan yang layak," kata Robin tentang kondisi di Indonesia kepada CNN.

Penerima penghargaan CNN Hero of the Year dipilih publik. CNN memberi kesempatan selama 11 pekan bagi masyarakat untuk memilih. Dengan penghargaan itu, Lim berhak atas hadiah sebesar 250.000 dollar AS. Ditambah dengan 50.000 dollar, seperti sembilan orang lain yang terpilih dalam 10 besar CNN Heroes.

Robin Lim yang mengenakan gaun batik pada acara bertabur bintang Hollywood itu didampingi suaminya Will Hemmerle yang juga berkemeja batik. Dia tidak mampu menahan airmata ketika host Anderson Cooper mengumumkan namanya sebagai pemenang.

Mendekap penghargaan yang diterimanya, Ibu Robin mengetuk hati masyarakat interasional untuk mengulurkan bantuan.

"Hari ini di Bumi kita, 981 orang ibu usia produktif akan meninggal, begitu juga besok dan kemarin. Saya meminta anda semua untuk mengubah itu. Kita bahkan tidak tahu berapa bayi yang meninggal, tetapi kita semua bisa membantu untuk mengubahnya," kata di atas panggung.
Dalam laman resmi Yayasan Bumi Sehat disebutkan Robin Lim mulai memberikan layanan perawatan ibu hamil dan anak-anak balita pada 1994 di Ubud, Bali. Ibu Robin memulainya di rumahnya di desa Nyuh Kuning.

Lebih dari 10 tahun kemudian, makin banyak orang yang mengenalnya. Mereka kemudian bergabung untuk mendukung insiatifnya memberi layanan kesehatan bagi ibu dan anak miskin.


Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel "Bidan" Bali itu Dinobatkan Jadi CNN Hero of the Year ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Rabu, 14 Desember 2011 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan "Bidan" Bali itu Dinobatkan Jadi CNN Hero of the Year
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi