Nilai Rupiah Stabil Karena Dua Hal


Bank Indonesia bisa menjaga stabilitas nilai rupiah sampai dengan Oktober 2011. Ini ditandai dengan tingkat inflasi IHK (Indeks Harga Konsumen) dan rata-rata volatilitas nilai tukar terhadap dollar AS yang lebih rendah dari target.

"IKU (Indikator Kinerja Utama) tingkat inflasi IHK (year on year) sebesar 4,42 persen. Lebih rendah dari target sebesar 5 persen +/- 1," ujar Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, di Jakarta, Selasa (22/11/2011).

Lalu, Darmin menuturkan, rata-rata volatilitas nilai tukar terhadap dollar AS sebesar 5,2 persen. Pencapaian itu disebutnya masih di bawah target meskipun tidak disebutkan berapa persentasenya.
Kedua indikator dari stabilnya nilai rupiah ini bisa baik karena BI telah melakukan sejumlah kebijakan. Hal yang paling kentara adalah penurunan suku bunga acuan (BI Rate) yang kini berada di angka 6 persen. Pada Februari 2011 , BI Rate ini sempat mencapai 6,75 persen.

Darmin beralasan, penurunan suku bunga itu sebagai upaya untuk mengurangi dampak buruknya perekonomian global terhadap ekonomi Indonesia. Untuk menjaga kedua indikator di bawah target, BI pun memberlakukan Giro Wajib Minimum Valas sebesar 8 persen dari Dana Pihak Ketiga valas pada Juni 2011. Ia menuturkan, ini kelanjutan dari kenaikan GWM valas yang bertahap sejak Maret 2011 dari 1 persen menjadi 5 persen dari total DPK valas.

"Penguatan koordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam pengelolaan inflasi melalui Tim Pengendalian Inflasi (TPI) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID)," tambah Darmin sebagai upaya pencapaian stabilitas nilai rupiah lainnya. Hal ini termasuk penguatan peran BI di daerah dalam mendorong pertumbuhan dan kestabilan harga.

Darmin menambahkan, BI juga melakukan pemantauan dan berkomunikasi secara intensif dengan pelaku pasar. Ini dilakukan demi mencegah volatilitas nilai tukar yang berlebihan.
BI pun, terang dia, akan memberlakukan kebijakan penerimaan Devisa Hasil Ekspor (DHE) mulai 2 Januari 2012 . Ini akan dilakukan untuk mendukung stabilitas nilai tukar.

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Nilai Rupiah Stabil Karena Dua Hal ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Rabu, 23 November 2011 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Nilai Rupiah Stabil Karena Dua Hal
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi