Jokowi: Jangan Asal pilih menteri ESDM dan Pertanian

Presiden terpilih periode 2014-2019, Joko Widodo mengaku, ada dua sektor ekonomi yang menjadi fokusnya selama lima tahun ke depan.

"Ekonomi kita kan menggerakkan hal-hal yang berkaitan dengan pertanian dan energi. Itu yang akan menjadi fokus kita," ujar Jokowi di kediamannya, Selasa (29/7).

Berangkat dari situ, Jokowi mengaku tidak ingin salah dalam menempatkan orang-orang yang akan duduk di kursi menteri dua kementerian tersebut. Menteri ESDM dan menteri pertanian harus benar-benar orang yang ahli di bidangnya, mengerti persoalan dan bisa memajukan dua sektor ini.

"Yang jelas akan kita isi dengan orang yang tahu di bidangnya. Punya leadership yang kuat, manajemen yang kuat, kompetensi yang kuat, dan yang paling penting, bersih."

"Sehingga menteri pertanian dan menteri energi harus dicari betul orangnya dan orangnya yang betul," tegasnya.

Apakah Jokowi sudah memiliki kandidat bakal calon menteri ESDM dan menteri pertanian? "Tidak bicara itu," singkatnya.

Salah satu kriteria calon menteri di kabinetnya adalah taktis dalam menyelesaikan persoalan. "Bisa bekerja dengan cepat menyelesaikan persoalan-persoalan. Dan yang paling penting, tidak hanya pertumbuhan ekonomi tetapi pemerataannya itu yang penting," paparnya.

Mantan Wali Kota Solo ini pernah mengatakan adanya mafia di sektor energi, sehingga dibutuhkan orang yang tepat untuk bisa menyelesaikan persoalan itu. "Oleh sebab itu saya sampaikan perlu ada leadership yang kuat," tegasnya.

Harus diakui, kata dia, kelemahan pemerintah selama ini ada di bidang pengawasan. Namun, Jokowi belum secara tegas mengatakan bakal membersihkan setiap kementerian dari praktik yang tidak sehat. "Nanti dilihat. Kita kan yang sering kedodoran di manajemen pengawasan," ucapnya.

sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Jokowi: Jangan Asal pilih menteri ESDM dan Pertanian ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Selasa, 29 Juli 2014 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Jokowi: Jangan Asal pilih menteri ESDM dan Pertanian
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi