Menlu RI Dilarang Masuk Palestina

Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa, dikabarkan ditolak masuk ke wilayah Ramallah, Palestina. Menlu bertolak ke Palestina untuk menghadiri Pertemuan Luar Biasa Tingkat Menteri Luar Negeri Gerakan Non-Blok mengenai Palestina (Extraordinary Ministerial Meeting of the Non-Aligned Movement Committee on Palestine).

Penolakan akses terhadap Menlu Marty Natalegawa ini, dilakukan oleh pihak Israel yang menjaga perbatasan di Ramallah. Selama ini, Israel memang memegang kendali penuh setiap perbatasan wilayah mereka dengan Palestina.

Dilaporkan Reuters, Minggu (5/8/2012), Menlu Marty dilarang masuk ke Ramallah bersama dengan Menlu Malaysia, Dubes dari Kuba dan Bangladesh. Israel berdalih, Indonesia, Malaysia, Kuba dan Bangladesh tidak mengaku keberadaan Israel.

"Kami selalu mengizinkan diplomat negara manapun yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel (untuk masuk ke Palestina). Dan kami tidak akan mengeluarkan izin, terhadap negara yang tidak mengaku keberadaan Negara Israel," ujar juru bicara Kemlu Israel Yigar Palmor.

Atas penolakan ini, Pertemuan Luar Biasa Tingkat Menteri Luar Negeri Gerakan Non-Blok mengenai Palestina yang sedianya dilaksanakan Minggu waktu setempat, terpaksa dibatalkan. Pertemuan diadakan demi mempererat hubungan negara Gerakan Non-Blok dengan pemimpin Palestina.

Hingga kini belum diketahui posisi Menlu Marty usai ditolak masuk Ramallah.


sumber

Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Menlu RI Dilarang Masuk Palestina ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Selasa, 07 Agustus 2012 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Menlu RI Dilarang Masuk Palestina
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi