Inilah Alat Musik Tertua Di Dunia!



Sudah tahukah anda, apa alat musik tertua di dunia? Para ilmuwan telah berhasil menemukan alat musik tertua di dunia. Arkeolog asal Inggris dan Jerman menemukan alat musik tiup purba yang terbuat dari tulang burung dan gading gajah purba.

Seperti disadur dari NYTimes, berdasarkan analisa radiokarbon alat musik tiup menyerupai seruling yang ditemukan di daerah gua-gua barat daya Jerman ini diperkirakan berasal dari 42.000-43.000 tahun lalu, bahkan lebih tua.

Penelitian yang dipimpin oleh Prof. Tom Higham dari Universitas Oxford menjelaskan bahwa alat musik tiup tersebut usianya tidak jauh berbeda dengan tulang-tulang hewan purba yang ditemukan di sekitar gua Geissenklösterle.

Sedangkan Prof. Nicholas J Conard selaku arkeolog dari Universitas Tübingen Jerman mengatakan bahwa alat musik tiup tersebut adalah alat musik tertua di dunia. Menurut Nicholas J Conard, di dalam gua Geissenklösterle itulah ditemukan banyak artefak karya seni. Hasil penelitian dan penemuan ini dipublikasikan di Journal of Human Evolution pada 8 Mei 2012

“Gua Geissenklösterle merupakan salah satu dari beberapa gua tempat ditemukannya artefak penting seperti ornamen personal, seni rupa, gambar mistik, dan alat musik,” jelas Nicholas J Conard.

Menurut para arkeolog, alat musik tersebut digunakan oleh manusia-manusia purba untuk upacara keagamaan maupun sebagai media hiburan. Musik nampaknya berperan penting dalam pemeliharaanjaringan sosial yang lebih besar.

Keberadaan alat musik menjadi bukti manusia modern lebih unggul ketimbang manusia Neanderthalyang punah di sebagian besar wilayah Eropa pada 30.000 tahun lalu.



Penulis : Ben Beckman, SE ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Inilah Alat Musik Tertua Di Dunia! ini dipublish oleh Ben Beckman, SE pada hari Minggu, 03 Juni 2012 . Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terima kasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Inilah Alat Musik Tertua Di Dunia!
 

0 komentar :

Posting Komentar

Klik Iklanya 1 Kali Agar Blog Ini Tetap Berkreasi